Polisi Bekuk Empat Orang Kurir Narkoba di Payakumbuh, 100 Kg Ganja Berhasil Diamankan

Polisi Bekuk Empat Orang Kurir Narkoba di Payakumbuh 100 Kg Ganja Berhasil Diamankan Keempat kurir narkoba jenis ganja seberat 100 Kilogram berhasil diamankan Satresnarkoba Polres Payakumbuh, Selasa (6/10/2020)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Satresnarkoba Kepolisian Resor (Polres) Payakumbuh berhasil menggagalkan peredaran narkoba jenis ganja kering sebanyak 100 kilogram. Ganja ini diamankan saat keempat kurirnya berhasil dibekuk di kawasan pasar Ibuh, Kota Payakumbuh, Selasa (6/10/2020) sekitar pukul 11.00 WIB. 

Keempat kurir ini adalah EP (22), DA (21), VR (24) warga Kota Padang dan PD (22) warga Kota Payakumbuh. 

Penangkapan terhadap empat kurir ini berlangsung dramatis. Empat pelaku ini menyadari mobil avanza BA 1329 RZ yang dikendarainya tengah tengah dibuntuti oleh polisi di kawasan Simpang Ngalau. Spontan, pelaku langsung tancap gas saat kondisi simpang Ngalau sedang macet.

Alhasil, satu pengendara motor ditabrak dari belakang. Beruntung pengendara ini hanya mengalami luka ringan. 

Polisi yang melihat pelaku berusaha kabur melakukan pengejaran dan mengeluarkan tembakan peringatan. Namun, pelaku tidak kunjung berhenti. Malah melakukan mobil ke arah padat penduduk di kawasan Ibuah, Payakumbuh Barat.

Sesampai di Kawasan Ibuah, Mobil ini sudah mengalami kerusakan dan susah melaju akibat beberapa peluru polisi menyasar ke mesin mobil. Akhirnya, pelaku memilih keluar dari mobil dan kabur ke pemukiman. 

Namun, pelarian pelaku ini tidak jauh karena tidak menguasai medan. Dengan mudah polisi membekuk tersangka yang dibantu oleh masyarakat sekitar. 

Setelah ditangkap, dilakukan penggeledahan didalam mobil. Disini ditemukan 100 paket ganja kering yang telah dibungkus per satu kilogram.

"Para tersangka terbilang nekat. Saat mencoba untuk melarikan diri, mereka tak segan-segan menabrak pengendara di depannya. Sampai ada korban seorang remaja yang mengalami luka ringan," sebut Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira melalui Kasat Narkoba Iptu Desneri saat press release di Polres Payakumbuh, Selasa sore. 

Dari keempat pelaku, tiga orang berasal dari Kota Padang dan satu orang warga Kota Payakumbuh. Diduga, ganja ini berasal dari Luar Kota Payakumbuh dan akan diedarkan di Kota Randang ini.

"Rencananya, ganja kering ini akan diedarkan di Kota Payakumbuh dan sekitarnya," kata Desneri. 

Untuk penyelidikan lebih lanjut, keempat pelaku saat ini sudah diamankan di Mapolres Payakumbuh. 

(agg) 


Berita Terkait

Baca Juga