Peringati Hari Jadi Sumatera Barat Ke-75, Gamawan Fauzi dan Yulizal Yunus jadi Pembicara

Peringati Hari Jadi Sumatera Barat Ke75 Gamawan Fauzi dan Yulizal Yunus jadi Pembicara Sidang Istimewa, peringati hari jadi Sumatera Barat ke-75 di gedung DPRD Sumbar, Selasa (1/10/2020)(Foto: Laila)

Covesia.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat peringati hari jadi Sumbar ke 75 dengan melaksanakan paripurna istimewa. Peringatan hari jadi tersebut menghadirkan dua orang pembicara yakni Gamawan Fauzi mantan Mendagri dan Yulizal Yunus sejarawan. 

Paripurna dibuka langsung oleh ketua DPRD Sumbar, Supardi. Dikatakan Supardi bahwa 1 oktober 1945 ditetapkan menjadi hari jadi Sumbar pada Perda Provinsi Sumatera Barat nomor 4 tahun 2019. 

"Banyak yang belum tau hari jadi Sumbar maka kepada pemangku kepentingan daerah diharapkan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat," ungkap Supardi di kantor DPRD Sumbar, Kamis (1/10/2020).

Sumbar telah berusia 75 tahun. Bukan waktu yang singkat, Sumbar telah mengalami pasang surut. Namun demikian terjadi peningkatan dalam penyelenggaraan proses pembangunan daerah.

Selain itu, Sumbar juga masih tertinggal dari provinsi tetangga. Mulai kualitas tenaga kerja, daya saing ekonomi dan permasalahan tanah ulayat yang masih menjadi hambatan dalam proses investasi. Refleksi dan evaluasi menjadi sangat penting.

Sumbar sebagai bagian peradaban dunia tidak bisa menutup diri dan tidak tersentuh dengan perubahan yang telah sedang dan akan terjadi. 

Munculnya wabah pandemic Covid-19 tantangan yang akan dihadapi menjadi sangat sulit dan komplek. 

"Melihat kondisi ke depan kemana sumbar akan dibawa di tengah perkembangan global, regional dan nasional. Juga bagaimana filosofi dan nilai-nilai adat dan budaya masyarakat Sumbar yang terkandung dalam ABS-SBK dengan kondisi yang terjadi, DPRD Sumbar menghadirkan 2 pembicara menjawab isu tersebut," ungkap Supardi. 

Dalam kesempatan tersebut Gamawan Fauzi dan Yulizal Yunus memberikan pandangan dan perspesktifnya terkait isu yang disampaikan. 

(ila)


Berita Terkait

Baca Juga