SMKN 1 Sutera Terima Bantuan Alat Praktik dari LP2M UNP

SMKN 1 Sutera Terima Bantuan Alat Praktik dari LP2M UNP foto: Istimewa
Covesia.com - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mengukuti pelatihan yang diadakan oleh Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Padang dan bantuan alat praktek. 

Kegiatan pelatihan ini dibuka langsung oleh Kacabdin Wilayah VII Pesisir Selatan, Mahyan, S.Pd. MM, pada pembukaannya Mahyan Menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak UNP yang telah memilih SMK Negeri 1 Sutera sebagai Sekolah binaan dalam pelatihan tersebut. 

"Kita berharap semoga saja Bapak/ibuk yang mengikuti pelatihan ini dapat menyerap ilmu baru dari perkembangan teknologi yang akan dipaparkan nantik, bercerminlah kepada istilah tukang daging yang selalu mengasah pisaunya setiap saat agar tetap tajam, seperti itulah ilmu yang harus dimiliki guru,"katanya. 

Sementara, Lili Suryati selaku kepala Sekolah SMK Ngeri 1 Sutera mengatakan, pelatihan dari Lembaga LP2M UNP ini sudah kali ke 2 didapatkan oleh SMK Negeri 1 Sutera tahun 2019 dan sekarang di 2020. 

"Kita sangat apresiasi dan sangat berterimakasih kepada UNP dan terkhusus kepada Bapak/ibu Dosen yang yang sudah bersedia berbagi ilmu dengan kami disini,"katanya pada Covesia.com 

Ia menerangkan, pelatihan ini di ikuti oleh peserta sebanyak 20 orang, 10 dari jurusan teknik Audio Video dengan tema Peningkatan Kompetensi Internet Of Thing (IOT) melalui workshop perancangan dan aplikasi IOT berbasis Arduino. 

Kemudian, jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik Peningkatan Otomasi Industri Bagi Guru dan Siswa melalui Pelatihan Software engineering PLC dan Human Mechine Interface.

"Semoga kedepannya kita tetap terpilih sebagai salah satu sekolah yang mendapatkan pembinaan LP2M UNP,"ujarnya

Ia menambahkan, pelatihan LP2M UNP yang dilaksanakan ini selama 4 hari, yang mana dua hari dilakukan Daring dan Dua Hari kedepan kita tatap miuka dengan menerapkan protokoler kesehatan Covid-19. 

Kepala Badan Penelitian UNP Krismadinata, S.T, P.hD memaparkan bahwa UNP siap untuk terus berkalaborasi dengan dinas untu memecahkan permasalahan pendidikan. 

"Apapun yang harus kami teliti tentang pendidikan kami siap, untuk berbagai dengan sekolah yang ada di Sumatera Barat, terkusus SMKN 1 Sutera ini,"Ucap Kepala LP2M UNP Tersebut.


Lanjutnya, pelatihan pegabdian masyarakat ini juga memberi manfaat kepada sekolah, selain dari ilmu yang di transfer juga  sekolah kami fasilitasi dengan alat-alat yang menunjang dan itu ditinggalkan disekolah, 

Pada kesempatan itu, alat yang ditinggal dan bantuan yang diberikan ke sekolah diantaranya, untuk Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik dibantu satu buah Trainer Programmable Logic Controller (PLC) yang sudah lengkap dengan kompetensi dasar yang ada. 

Setelah itu, untuk jurusan teknik Audio Video juga dibantu alat Trainer Arduino ESP2866 sebanyak 6 buah. Kita sangat berterimakasih sekali dan ini sangat membantu sekolah.
(hms.sumbar/ind)

Berita Terkait

Baca Juga