Dapat Nomor Urut 3, Fakhrizal-Genuis Maknai Sebagai Tigo Tungku Sajarangan

Dapat Nomor Urut 3 FakhrizalGenuis Maknai Sebagai Tigo Tungku Sajarangan Pasangan Fakhrizal-Genius Umar (Fege) dengan nomor urut 3 di Pilkada Sumbar 2020 (Foto: Laila Marni)

Covesia.com - Pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat, Fakhrizal dan Genius Umar atau akrab disapa FaGe mendapat no urut tiga setelah dilakukan pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon oleh KPU Sumbar.

Sesaat setelah rapat pleno pengundian dan pengumuman nomor urut selesai FaGe telah ditunggu oleh tim pendukung dan sorak sorai FaGe menang menang menang terdengar riuh.

"Alhamdulillah ya kita sudah dapat no urut yakni urut 3 ini maknanya luarbiasa, jika di Minang tigo tungku sajarangan. Sedangkan kalau sila artinya sila ke tiga, persatuan Indonesia, bersatu kita maju," ungkap Fakhrizal kepada puluhan wartawan yang telah menunggu di luar ruang acara rapat, Kamis (24/9/2020).

Lebih lanjut, Fakhrizal dan Genius Umar yang datang pertama untuk acara tersebut mengatakan harapannya dengan no urut 3 tersebut. "Mudah-mudahan ini nomor keberuntungan kita," imbuhnya.

Sebagai informasi, filosofi tigo tungku sajarangan adalah model kepemimpinan yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat di Minangkabau. Tigo tungku sajarangan yang berarti tiga tungku sejerangan menjadi pilar dimana terdapatnya tiga pihak yang saling berkolaborasi dalam memimpin masyarakat. Pihak ini adalah Ninik mamak, Alim ulama dan Cadiak pandai.

(lia)

Berita Terkait

Baca Juga