Walikota Pariaman Sebut Tokoh Adat Berperan dalam Percepat Pembangunan

Walikota Pariaman Sebut Tokoh Adat Berperan dalam Percepat Pembangunan Walikota Pariaman, Genius Umar (Foto: dok.humas)

Covesia.com - Walikota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Genius Umar mengatakan, tokoh adat di daerah itu baik ninik mamak, Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) maupun Bundo Kanduang berperan dalam mempercepat pembangunan.

"Banyak pembangunan di Kota Pariaman dibantu oleh Ninik Mamak, LKAAM dan Bundo Kanduang," sebut Genius Umar pada Selasa (22/9/2020).

Lanjut Genius, seperti dalam pembangunan Pasar Pariaman, Talao Pauh dan pengembangan waterfront city atau kota tepi air yang dana pembangunannya dari pemerintah pusat.

"Pembangunan itu dilakukan tanpa ada kendala atau tanpa gangguan dari tokoh tertentu yang ingin menghambat pembangunan tersebut. Ini adalah peran penting dari ninik mamak, LKAAM, Kerapatan Adat Nagari, dan Bundo Kanduang," ungkapnya.

Maka dari itu kata Genius, pihaknya memberikan penghormatan dan penghargaan yang tinggi kepada tokoh adat di daerah itu karena telah membantu pembangunan di Kota Pariaman.

Genius juga meminta, peningkatan peran tokoh adat di daerah itu untuk membantu Pemkot Pariaman guna mengoptimalkan pariwisata dan atraksi budaya Tabuik.

"Tujuannya bagaimana atraksi wisata dan budaya di Kota Pariaman dapat mengangkat nama warga Pariaman," ujarnya.

Genius menyebutkan, untuk organisasi perangkat daerah (OPD) yang berhubungan langsung dengan niniak mamak dan bundo kanduang kiranya dapat melakukan koordinasi dan pertemuan yang bisa dilaksanakan sekali 3 bulan atau 4 bulan sehingga berbagai masukan dan nasehat yang ada dari niniak mamak ini bisa disampaikan kepada Pemkot Pariaman.

(*/per)

Berita Terkait

Baca Juga