Dari ASN, TNI Hingga Polri Turut Terpapar Covid-19, Bukittingi Catatkan 203 Kasus

Dari ASN TNI Hingga Polri Turut Terpapar Covid19 Bukittingi Catatkan 203 Kasus Ilustrasi (Covesia)

Covesia.com - Kasus Covid-19 di Kota Bukittinggi makin memprihatinkan. Pasalnya setiap hari terjadi penambahan pasien positif Covid-19.

Hingga hari ini kota Bukittinggi tercatat memiliki 203 kasus dan 39 pasien diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

Kasus itu terhitung dari pertengahan Maret hingga September 2020 dan pada Agustus terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Yandra Ferry mengatakan pada Maret hingga Juli lalu kasus Covid-19 di Bukittinggi hanya 20 kasus, namun awal Agustus meningkat tajam, dimana dalam 2 bulan terakhir mencapai 183 kasus.

"Tadi malam ada penambahan 10 kasus, 6 diantaranya petugas di Puskesmas Tigo Baleh. Dari penambahan itu, terdapat 183 kasus di Bukittinggi," ujarnya, Kamis (17/9/2020).

Ia menambahkan dari jumlah kasus itu terdapat 39 ASN yang terpapar, 8 anggota Polri, 5 anggota TNI, sisanya masyarakat umum. 

Dari 203 itu, 39 diantaranya sudahh dinyatakan sembuh, meninggal dunia 5 orang, 124 isolasi mandiri, isolasi di Pusdiklat Baso 14 orang, dirawat di rumah sakit Padang Panjang 1 orang, dirawat di RSAM 19 orang dan dirawat di RSSN 1 orang.

Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menyampaikan, penyebaran Covid-19 dapat ditekan dengan berbagai upaya sesuai dengan standar protokol kesehatan. Diantaranya, menggunakan masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak. Masjid juga dihimbau untuk tidak menggelar tikar shalat dan jamaah diharapkan bawa tikar sendiri.

"Pemerintah provinsi sudah ada dikeluarkan perda provinsi no 15 tahun 2020 yang mengatur tentang penanganan Covid-19. Ini tentu akan kita lanjuti dengan peraturan daerah kita atau perkuat perwako yang sedang disiapkan. Aturan ini nantinya akan kita sosialisasikan kepada masyarakat. Untuk itu, kita juga himbau warga untuk pakai masker dan rajin cuci tangan, terapkan pola hidup bersih dan sehat. Pastikan keluar rumah sehat dan pulang ke runah juga sehat," pungkas Ramlan Nurmatias.

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga