Sosialisasi Perda Protokol Covid-19, Pemprov Bagikan Puluhan Ribu Masker di Danau Cimpago

Sosialisasi Perda Protokol Covid19 Pemprov Bagikan Puluhan Ribu Masker di Danau Cimpago Pembagian masker dan hand sanitizer di Danau Cimpago Padang, Senin (14/9/2020). Fott: Laila Marni

Covesia.com - Ribuan Masker dan Handsanitizer dibagikan ke masyarakat kota Padang di Danau Chimpago. Masker dan handsantizer itu dibagikan dalam rangka sosialisasi peraturan daerah (Perda) baru tentang pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Sumbar. 

Bersama DPRD kita sudah ketok palu dengan adanya perda adaptasi kebiasaan baru pencegahan dan pengendalian Covid-19. Dalam Perda tersebut ada sanksi administratif dan sanksi pidana bagi mereka yang tidak mengikuti protokol kesehatan. Keluar rumah tidak memakai masker, tidak menggunakan protokol kesehatan maka mereka akan kena sanksi.

"Hari ini kita menyampaikan pesan ke masyarakat agar keluar rumah memakai masker dan sekligus sosialisasi ada perda kurungan dan administrasi dan denda bagi yang melanggar," ungkap Irwan Prayitno saat ditemui di Danau Cimpago, Senin (14/9/2020).

Masker dibagikan secara gratis. Semoga dalam waktu seminggu masyarakat sudah terbiasa. Sosialisasi pun dilakukan bupati dan walikota mengenai perda ini. 

"Setelah seminggu baru dilaksanakan hukumannya oleh tim penegakan hukum yang terdiri polisi, kejaksaan, hakim dibantu oleh Satpol PP yang nanti akan memutuskan razia dan penegakan hukum," tambahnya.

Perda tersebut masih menunggu keputusan Mendagri sembari dilakukan sosialisasi. Jika sudah disetujui Mendagri, penerapan Perda langsung dilaksanakan. 

Sementara itu Kalaksa BPBD Sumbar, Erman Rahman menyebutkan ada 15 ribu handsanitizer yang dibagikan dan 25 ribu masker. 

"Awalnya hanya 10 ribu handsanitizer dan 18 ribu masker, namun karena kebutuhan banyak ditambahkan," ujarnya. 

(ila/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga