Hasil Verifikasi, KPU Pasbar Sebut Hanya Dokumen Erick-Syawal Syarat yang Memenuhi Syarat

Hasil Verifikasi KPU Pasbar Sebut Hanya Dokumen ErickSyawal Syarat yang Memenuhi Syarat Ilustrasi - Antara

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasaman Barat menyampaikan hasil penelitian atau verifikasi keabsahan dokumen syarat pencalonan, hanya satu pasangan yang memenuhi syarat dari lima pasangan yang telah mendaftar pada Pilkada Pasbar.

"Dari hasil penelitian keabsahan dokumen syarat pencalonan, hanya pasangan Erick Hariyona dan Syawal Suro yang telah memenuhi syarat pencalonan," terang Ketua KPU Pasaman Barat, Alharis saat dihubungi Covesia.com, Senin (14/9/2020).

Alharis mengatakan pihaknya telah melakukan penelitian atau verifikasi dokumen syarat pencalonan yang dimulai pada tanggal 6 September sampai dengan 12 September 2020.

"Tadi telah kita sampaikan hasil verifikasi persyaratan calon ke LO (Liaison Officer) dan partai pengusung. Dokumen pun sudah kita berikan untuk diperbaiki," kata Alharis.

Menurutnya hasil penelitian syarat pencalonan bakal pasangan calon ada beberapa berkas yang belum memenuhi syarat, berupa surat tanda terima penyerahan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) dan legalisir Ijazah.

Dengan demikian jelas Alharis, keempat pasangan bakal calon yakni Yulianto - Syafrial, Hamsuardi - Risnawanto, Maryanto - Yulisman dan Agus Susanto - Rommy Candra, harus menyerahkan dokumen perbaikan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Petugas KPU Pasaman Barat akan melayani perbaikan dokumen pada jam kerja yang dimulai pada tanggal 14 September sampai dengan 16 September 2020. Sedangkan hasil perbaikan dokumen diumumkan dimulai dari tanggal 14 September sampai dengan 22 September 2020 dilaman KPU.

"Jadi berkas pasangan bakal calon yang belum memenuhi syarat, bisa melakukan perbaikan mulai hari ini. Kalau tidak dilakukan perbaikan otomatis akan menjadi tidak memenuhi syarat," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui penetapan pasangan calon akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020. Sedangkan untuk pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon pada tanggal 24 September 2020. Kemudian masa kampanye dilaksanakan 26 September sampai dengan 5 Desember 2020.

Dalam Pilkada Pasaman Barat ada sebanyak lima pasangan calon yang telah mendaftar sebagai pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati ke Komisi Pemilihan Umum Pasaman Barat.

Diantaranya Yulianto - Syafrial yang didukung oleh Partai Demokrat (6 Kursi) dan Nasdem (3 Kursi). Hamsuardi - Risnawanto yang didukung oleh PAN (4 kursi), PKS  (3 kursi), dan PDIP (4 kursi). Agus Susanto - Rommy Candra dari Calon Perseorangan.

Kemudian, Maryanto dan Yulisman, yang didukung oleh Partai Gerindra (7 kursi) dan Parati PBB (1 kursi). Terakhir Erick Hariyona - Syawal Suro yang didukung oleh Partai Golkar (5 kursi), PPP (2 kursi), Perindo (1 kursi) dan PKB (2 kursi).

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga