Banyak Masyarakat yang Tak Patuh saat Berkendara, Polres Padang Pariaman Keluarkan Puluhan Tilang

Banyak Masyarakat yang Tak Patuh saat Berkendara Polres Padang Pariaman Keluarkan Puluhan Tilang Kanit Kanit Turjawali, Ipda Dian Feri Mairizal saat menunjukkan barang bukti kendaraan yang ditilang pihaknya, Jumat (11/9/2020)(Foto: Peri)

Covesia.com - Dari Agustus hingga September 2020 ini, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Padang Pariaman, sudah mengeluarkan puluhan surat tilang terhadap pengendaraan sepeda motor di daerah itu.

"Satu bulan ini ada sekitar 40 tilang yang kami keluarkan," sebut Kapolres Padang Pariaman, AKBP Dian Nugraha Hyang Batara Wasida Putra Sakti, melalui Kanit Turjawali, Ipda Dian Feri Mairizal pada Jumat (11/9/2020).

Lanjut Dian, itu karena masih adanya para pengendara sepeda motor yang tidak patuh aturan dalam berlalu lintas. 

"Seperti berkendaraan yang tidak memakai helm, mengangkut penumpang melebihi kapasitas, yaitu bonceng tiga," ucapnya. 

Untuk itu, Dian mengimbau agar pengendara patuhi aturan berlalu lintas. Sebab selain terhindar dari tilang polisi, juga memperkecil kemungkinan kecelakaan. 

"Karena semenjak awal tahun ini, hingga sekarang sudah puluhan kasus meninggal dunia akibat laka lantas," jelasnya. 

Selain itu, Dian juga mengajak agar masyarakat untuk membayar pajak kendaraan yang telah mati. Sebab sekarang ini ada program Pemerintah Sumbar, yaitu penghapusan denda pajak dan penghapusan denda asuransi jasa raharja (SWDKLLJ).

"Agar tidak ada rasa was-was dalam berkendaraan, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan momen tersebut untuk menghidupkan pajak kendaraan mati," ungkapnya. 

Selain dua item itu, pemerintah juga melakukan penghapusan denda biaya balik lama kendaraan bermotor (BBNKB), dan pembebasan biaya balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) untuk nomor polisi BA Sumbar dan nomor polisi non BA atau luar Sumbar.

"Maka diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan momen yang berlangsung 2 bulan ini, yaitu hingga Oktober nanti," katanya. 

(per)

Berita Terkait

Baca Juga