Diwarnai Aksi Kejar-kejaran, Polres Bukittinggi Amankan Empat Tersangka Penyalahgunaan Narkoba

Diwarnai Aksi Kejarkejaran Polres Bukittinggi Amankan Empat Tersangka Penyalahgunaan Narkoba Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Satuan Narkoba Polres Bukittinggi mengamankan empat tersangka penyalahgunaan Narkoba jenis sabu di sejumlah lokasi berbeda pada, Jumat (14/1/2022) dan Sabtu (15/1/2022).

Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara, melalui Kasat Narkoba AKP Aleyxi Aubedillah, mengatakan penangkapan keempat pelaku sebagai bentuk komitmen Polres Bukittinggi dalam upaya pemberantasan penyebaran barang haram serta guna menyelamatkan generasi bangsa dari bahaya Narkoba.

"Penangkapan pertama dilakukan terhadap tersangka ES (39) pada Jumat 14 Januari sekitar pukul 19.45 wib di Jl. Panorama, kelurahan Kayu kubu kec. Guguak panjang kota Bukittinggi," katanya.

Dari tangan tersangka ES ditemukan barang bukti berupa 1 (satu) paket narkotika diduga jenis sabu terbungkus plastik warna bening seberat sekita 0,5 gram.

Selanjutnya sekitar pukul 23.30 wib, tim kembali mengamankan seorang tersangka berinisial B (29) di pinggir jalan Simpang Sanjai kelurahan Manggih Ganting Kec. Mandiangin koto Selayan Kota Bukittinggi.

"Di lokasi penangkapan kita temukan barang bukit berupa 1 (satu) paket sedang sabu," ucapnya.

Kasat menjelaskan, tim bergerak melakukan penggeledahan di rumah tersangka yang berlokasi di sanjai dalam yang tidak jauh dari lokasi penangkapan dan ditemukan 3 (tiga) paket sedang narkotika diduga jenis sabu terbungkus plastik klip bening di dalam kamar, 1 (satu) unit timbangan digital, 1 (satu) kotak plastik klip bening.

Selanjutnya, tim melakukan pengembangan berdasarkan keterangan tersangka B pada Sabtu (15/1/2022) dini hari dan melakukan pengintaian disebuah rumah di Banto Jorong Tanjuang Medan Nagari Biaro Gadang Kec. IV Angkek Kabupaten Agam dan diamankan dua orang tersangka yakni RFH (35) dan I (36) kepemilikan narkoba jenis sabu.

"Saat dilakukan penggeledahan ditemukan 1 (satu) paket narkotika diduga jenis shabu terbungkus plastik warna bening yang berada di dalam penanak nasi. Serta 1 buah bong dan pirek yang berisikan narkotika diduga jenis sabu," ungkapnya.

Ia mengungkapkan saat penangkapan tersangka sempat terjadi aksi kejar-kejaran anggota dengan pelaku karena pada saat rumah dikepung tersangka melarikan diri dengan melompati tembok belakang rumah, namun anggota sigap jatuh bangun dan mengamankan tersangka.

"Untuk tersangka RFH merupakan residivis kasus pencurian dan sudah sangat meresahkan masyarakat. Tersangka RFH adalah ipar dari tersangka I yang kini telah diamankan," ujarnya.

Ia menambahkan keempat tersangka ini telah diamankan di Mako Polres Bukittinggi guna mempertanggungjawabkan dan atas perbuatannya tersangka dikenakan pasal 114 jo 112 Undang - undang No 35 tahun 2009.

(deb)


Berita Terkait

Baca Juga