Ini Langkah yang Diambil Pemko Terkait Permasalahan Pantai Padang

Ini Langkah yang Diambil Pemko Terkait Permasalahan Pantai Padang Walikota Padang, Hendri Septa (Foto: dok. Covesia-Laila)

Covesia.com - Pantai Padang adalah salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Namun di balik itu semua ada banyak permasalahan yang mesti menjadi PR Pemko Padang. 

Nyatanya, perihal pemalakan yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab, persoalan sampah, dan lain sebagainya. 

Menindaklanjuti hal tersebut Pemko Padang dalam hal ini Wali Kota Padang melakukan rapat dengan OPD Terkait untuk mencarikan solusi dari semua masalah tersebut. 

"Memang ada beberapa pengaduan selama ini seperti pemalakan, parkir yang tidak sesuai tarif, kebersihan pantai yang banyak sampah berserakan, bukan dari laut ke darat saja tapi juga sampah yang di lokasi pedagang berdagang," ungkap Hendri Septa saat ditemui usai rapat di Padang, Kamis (13/1/2022).

Dia mengatakan pemko Padang mengupayakan bagaimana masyarakat yang berkunjung ke pantai Padang merasa aman dan nyaman.

Tak ayal rapat terkait pantai Padang dilakukan dan sudah diputuskan beberapa hal. 

"Dalam waktu dekat kita dirikan posko pengaduan untuk masyarakat dan pengunjung. Jadi yang merasa dipalak, diganggu oknum yang tak  bertanggung jawab, silahkan laporkan ke posko yang ada di sepanjang di jalan samudra, di lapau panjang Chimpago dan Muaro Lasak," ungkap Hendri. 

Tak hanya itu dalam waktu dekat pihaknya juga akan kerahkan alat berat untuk membersihkan sampah yang ada di Muaro Lasak dan Al Hakim karena banyak sampah yang dibawa laut di dua daerah tersebut. 

"Kami berharap dan menghimbau warga kota Padang, jangan buang sampah sembarangan. Sungai itu kebutuhan hidup seperti air yang bersih. Sungai Bukan tempat sampah. Ketika sampah mengalir ke laut akan dibalikan ke pantai," tambahnya.

Tak hanya itu pemko Padang juga akan siapkan spanduk baliho sepanjang kawasan pantai. 

Terkait yang melanggar akan ada sanksi. Sanksi untuk pemalak kita akan serahkan ke pihak Kepolisian ini sudah kita lakukan. 

"Kita akan tetap mengawal kawasan pantai ini sampai suasana nyaman, kita tempatkan petugas kita agar pengunjung aman dan nyaman," tegasnya. 

Dalam pengamanan tersebut akan melibatkan Satpol PP yang kita BKO kan bagaimana pengunjung mendapatkan rasa nyaman. 

Sementara untuk sampah pedagang, kita ajak mereka dan kita awasi secara berkala.

"Kalau pantai bersih orang senang kalau pantai kotor siapa yang mau datang," ujarnya. 

Ia menambahkan, sekali dua minggu atau sekali sebulan akan diturunkan satu alat berat untuk membersihkan sampah yang menumpuk. 

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga