Tingkatkan Keamanan dan Kinerja Petugas, Lapas Padang Berinovasi dengan 'SIKODI'

Tingkatkan Keamanan dan Kinerja Petugas Lapas Padang Berinovasi dengan SIKODI Tampak salah seorang personel keamanan Lapas Muaro Padang, sedang mengaplikasikan penggunaan SIKODI, Selasa (11/1/2022)

Covesia.com - Untuk meningkatkan keamanan dan kinerja petugas,  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Muaro Padang, melakukan inovasi dengan menggunakan Sistem Kontrol Keliling Digital (SIKODI).

Plt Kepala Pengamanan Lapas Padang, Bagus Dwi Suswono, menjelaskan, penggunaan alat ini yang pertama untuk kontrol keliling bagi petugas piket regu pengamanan di sejumlah titik lokasi yang rawan di Lapas.

Ia menyebutkan sistem pemakaian alat ini sebagai Reader atau pembacanya, jadi alat tersebut merekam atau menscan titik yang juga sudah dipasang alat penyanding lainnya.

"Jadi alat penyanding inilah yang ditempelkan dengan SIKODI, dan semuanya ada 15 titik, yakni 9 titik di blok hunian, 4 titik dipasangkan di tembok luar dan 2 titik di halaman luar,"  ungkap Bagus.

Jadi alat inilah yang memantau kinerja petugas jaga yang keliling di tiap titik-titik rawan tersebut, nanti hasilnya setelah melakukan kontrol keliling, dipindahkan ke PC komputer disitu akan terekam hasil kerja mereka. 

"Jadi alat ini sebagai kontrol petugas jaga untuk melakukan pengamanan keliling, dan mereka tidak bisa berbohong atas kinerjanya waktu berjaga," jelasnya.

Ia membeberkan, alat ini sudah diterapkan di Lapas Padang semenjak Mei tahun lalu hingga sekarang. Dan sampai saat ini baru satu-satunya Lapas Padang di Sumbar yang menggunakan alat ini.

"Alhamdulillah, selama menggunakan alat ini, kita mendapat apresiasi dari pimpinan dengan lebih meningkatkan kinerja petugas jaga kita untuk memantau keamanan di lingkungan Lapas tetap terjamin," kata dia.

Bagus menambahkan selain mengontrol kondisi aman, petugas jaga juga bisa mengecek sarana dan prasarana lain di Lapas sambil jalan kontrol, seperti lampu yang putus, dinding tembok yang retak, serta mengecek kebersihan lingkungan juga.

(don)

Berita Terkait

Baca Juga