Tim Klewang Ringkus Tiga Orang Komplotan Pencuri Mobil di Padang

Tim Klewang Ringkus Tiga Orang Komplotan Pencuri Mobil di Padang Tiga pelaku pencurian mobil di Padang yang berhasil diamankan tim Klewang, Polresta Padang, Selasa (4/1/2022)(Foto: dok. Tim Klewang)

Covesia.com - Tiga orang komplotan pelaku pencurian mobil L300 berhasil diringkus Tim Klewang, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang.

Kasatreskrim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda mengatakan telah mengamankan ketiga tersangka yakni Randi Gustiarman (24), Januhardi alias Tokeang (35), dan Iqbal Ridho Hardiansyah (25) yang berhasil diringkus, Selasa (4/1/2022) sekitar pukul 03.30 WIB di pinggir jalan Bandar Buat, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang.

"Sementara aksi pencurian yang dilakukan oleh ketiga tersangka ini terjadi pada hari Senin (3/1/2022) sekitar pukul 01.00 WIB di depan sebuah rumah yang beralamat di komplek Fillano Jaya Permai, Kelurahan Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara," ungkap Rico, dalam keterangan persnya yang diterima, Selasa malam (4/1/2022).

Rico menjelaskan, niat mencuri mobil pertama kali muncul dari tersangka bernama Tokeang, dimana pada hari Minggu (2/1) sekitar pukul 20.00 WIB ia yang datang dari kawasan Lubuk Begalung menuju kawasan Siteba untuk melihat anak-anaknya dengan mengendarai sepeda motor.

"Setiba di depan sebuah rumah kawasan Komplek Filano Jaya Permai, Alai Parak Kopi, tersamgka Tokeang melihat satu unit mobil merk Mitsubishi Colt L 300 warna coklat sedang terparkir di depan sebuah rumah. Kemudian muncul niat pelaku untuk mencuri mobil  tersebut," sebut Rico.

Setelah tersangka Tokeang pulang dari melihat anaknya, dalam perjalanan pulang tersangka menelpon temannya bernama Iqbal untuk menanyakan apakah ada orang yang mau membeli mobil L 300, dan dijawab oleh tersangka Iqbal ada yaitu saudaranya yang ada di daerah Dharmasraya.

"Kemudian tersangka Tokeang mengatakan kepada Iqbal kalau ada mobil L 300 yang akan tersangka ambil dan katakan kepada Iqbal apakah ia mau ikut dan dijawab oleh Iqbal mau dan meminta Tokeang untuk menjemput di rumahnya yang beralamat di belakang RSD Siti Rahmah Sungai Sapih Kec Kuranji Kota Padang," lanjut Rico.

Setelah menjemput Iqbal, Tokeang kemudian menelepon temannya bernama Randi untuk mengajaknya melancarkan aksi mereka saat dinihari tiba, dan menjemput Randi dirumahnya di kawasan Purus, Kecamatan Padang Barat.

"Sekitar pukul 01.00 WIB ketiganya langsung menuju rumah korban tempat mobil L 300 terparkir tersebut. Setiba di dekat mobil korban, tersangka Tokeang turun dari sepeda motor sedangkan Iqbal dan Randi menunggu di sepeda motor untuk melihat keadaan sekitar," ucap Rico.

Tersangka Tokeang beraksi membuka pintu mobil dengan menggunakan obeng pipih. Setelah pintu mobil korban terbuka, selanjutnya tersangka Tokeang masuk kedalam mobil korban untuk menghidupkan mobil menggunakan metode adu kabel listrik.

"Usai mobil hidup, tersangka Tokeang terlebih dahulu membawa mobil tersebut ke rumahnya yang disusul dua rekannya di belakang menggunakan sepeda motor. Selanjutnya mereka bertiga pergi ke daerah Dharmasraya untuk menjual mobil L 300 milik korban tersebut. Namun usaha mereka gagal karena tujuan mereka di Dharmasraya tidak jadi membeli karena mengaku tidak memiliki uang, sehingga ketiganya kembali ke Padang," sambung Rico.

Sementara itu, tim Klewang yang mendapatkan laporan adanya kasus pencurian mobil langsung melakukan penyelidikan dan mengetahui akan adanya orang yang menjual mobil yang diduga kuat merupakan mobil curian seperti yang disebutkan oleh korban.

"Tim Klewang memancing ketiga tersangka dengan cara berpura-pura membeli mobil milik korban dan berjanji bertemu di dekat pasar Bandar Buat Padang. Setiba ketiga pelaku di dekat pasar tersebut, selanjutnya tim Klewang Polresta Padang langsung melakukan penangkapan terhadap ketiganya," beber Rico.

Namun, disaat akan dilakukan  pengembangan untuk mencari barang bukti yang digunakan tersangka untuk beraksi, ketiga tersangka berusaha untuk melarikan diri, kemudian anggota tim Klewang Polresta Padang melakukan tindakan tegas dan terukur dengan melakukan penembakan.

"Terhadap Tokeang dan Iqbal diberikan tembakan di kedua kakinya, sedangkan tersangka Ardi dilakukan penembakan di bagian kaki kanan, selanjutnya ketiga tersangka dibawa ke RS Bhayangkara Polda Sumbar, untuk dilakukan perawatan sebelum akhirnya dibawa ke Polresta Padang," kata dia.

(don)

Berita Terkait

Baca Juga