Peran Alumni Menentukan Wajah Almamater

Peran Alumni Menentukan Wajah Almamater Rapat terbatas dengan jajaran pimpinan FDIK UIN Imam Bonjol Padang, Selasa (4/1/2022)

Covesia.com - Peran alumni di dunia kerja dan di tengah masyarakat merupakan cerminan dari wajah almamater. Peran pengurus alumni adalah jembatan antara alumni dengan almamater, untuk tetap terjalin hubungan saling mendukung perkembangan personal maupun lembaga. 

Hal ini dikatakan Ketua Pengurus Pusat Alumni Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Drs. H. Azwir Nasution, M.Pd, usai rapat terbatas dengan jajaran pimpinan FDIK, Selasa (4/1/2022). 

"Seiring dengan aturan-aturan lembaga pendidikan, eksistensi pengurus alumni dan peran alumni di lapangan kerja menjadi point penilaian dalam untuk akreditasi Program Studi (Prodi). Sebab itu, eksistensi lembaga alumni harus dipertahankan," ujar Azwir. 

Hasil rapat terbatas para pengurus Alumni FDIK UIN Imam Bonjol Padang mengajukan beberapa opsi seiring habisnya masa kepengurusan periode 2017-2021, yaitu: Mubes sesegera mungkin, Bentuk Formatur untuk Kepengurusan Periode selanjutnya, dan Memperpanjang masa kepengurusan periode yang sudah ada menjadi 2021-2023. 

Opsi ketiga disepakati karena pertimbangan vakum sejak pandemi sehingga program PP Alumni FDIK tidak tercapai. 

"Kita harus bayar hutang kepengurusan. Pandemi Covid-19 telah menunda banyak hal, termasuk program-program penting PP Alumni FDIK. Kita akan lanjutkan," usul dua Wakil Ketua PP Alumni FDIK, Marhadi Effendi dan Drs. Syamsuar Syam Dt. Gampo Alam, MA 

Hadi juga memberi pertimbangan Sekretaris PP Alumni FDIK, Dr. Hermawati, M.Si, yang menyatakan kepengurusan PP Alumni FDIK tidak boleh vakum dan berhenti karena begitu banyak amanat yang mesti dikerjakan demi kemajuan almamater dan solidaritas kehidupan sosial anggota. 

Wakil Dekan III FDIK, Dr. Abdullah Khusairi, MA menyambut baik tiga opsi tersebut bersetuju menetapkan perpanjangan kepengurusan menjadi Periode 2021-2023. 

"Mengingat kita masih dalam masa Pandemi, walau sudah melandai. Sangatlah sulit bisa berkumpul seperti dulu untuk Mubes, apalagi harus membuat formatur, tambah ribet. Kita setujui perpanjangan dulu, dengan tugas khusus agar Mubesnya lebih meriah diadakan nanti," ungkap Khusairi. 

Rapat terbatas juga memutuskan agar ada kartu anggota alumni, seminar semarak Milad Fakultas. Sebelum Pandemi, PP Alumni FDIK sangat aktif menggelar acara dan sosial. 

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga