BKSDA Sumbar Tutup Semua Jalur Pendakian Gunung Saat Pergantian Tahun

BKSDA Sumbar Tutup Semua Jalur Pendakian Gunung Saat Pergantian Tahun Ilustrasi Gunung Marapi (Foto: dok. Covesia-Primadoni)

Covesia.com - Saat pergantian malam tahun baru 2022, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) menutup semua Obyek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) yang berada di kawasan Suaka Margasatwa (SM) dan Taman Wisata Alam (TWA) yang ada di Sumbar.

Penutupan tersebut mencakup kegiatan wisata alam, pendakian, wisata petualangan dan lainnya. Termasuk pendakian dalam rangka hari raya Natal dan tahun baru.

Kasubag Tata Usaha BKSDA Sumbar, Wawan Sukawan mengatakan, bahwa pada prinsipnya selama ini pihaknya belum memberi izin bagi masyarakat untuk melakukan pendakian.

"Prinsipnya jalur pendakian memang ditutup selama ini (kondisi pandemi). Namun pada malam pergantian tahun nanti akan kita perketat penjagaannya," ungkap Wawan Sukawan, dilansir dari laman suara.com, jaringan covesia.com, Rabu (29/12/2021).

Ditambahkannya, dalam pengawasan pihaknya bakal berkoordinasi dengan pihak terkait untuk antisipasi agar tidak ada masyarakat yang melakukan pendakian.

"Kita terus berkoordinasi dengan kawan-kawan di lapangan. Mereka terus memantau dan mengawasi," tuturnya.

Diketahui BKSDA Sumbar juga telah mengeluarkan surat imbauan berdasarkan instruksi Nomor 2 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 4 mencakup wilayah Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Dalam surat tersebut terdapat dua poin yang disampaikan: Pertama, Balai KSDA Sumbar menetapkan menutup semua ODTWA yang berada di kawasan Suaka Margasatwa (SM) dan Taman Wisata Alam (TWA). 

Kedua, penutupan berlaku sampai dengan waktu yang akan ditentukan lebih lanjut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

(*)


Berita Terkait

Baca Juga