Jelang Akhir Tahun, Capaian Vaksin di Padang Pariaman dan Agam Masih Dibawah 50 Persen

Jelang Akhir Tahun Capaian Vaksin di Padang Pariaman dan Agam Masih Dibawah 50 Persen Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar Arry Yuswandi/ Foto: Laila Marni

Covesia.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menargetkan vaksinasi covid-19 hingga akhir tahun berada di angka 70 persen. Namun saat ini capaian vaksinasi baru di angka 65,46 persen. 

"Terkait Vaksinasi telah mencapai 65,46 persen intuk vaksinasi ke-1, 50,59 persen vaksinasi ke-2. Vaksinasi ke-1 lansia 40,87 persen dan 21,52 untuk vaksin ke-2," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar Arry Yuswandi, Selasa (28/12/2021). 

Dijelaskan Arry dari 19 kabupaten kota, 11 diantaranya capaiannya masih dibawah provinsi, bahkan dua diantaranya masih dibawah 50 persen, yaitu Padang Pariaman dan Agam. Sedangkan 8 lainnya telah melebihi target nasional, 70 persen. 

"Mesti ada upaya-upaya percepatan hingga akhir. Kami sudah coba hitung, untuk mencapai target 70 persen, misalnya, Kabupaten Agam harus melakukan vaksin kepada 112 ribu lebih, atau 37 ribu lebih perharinya. Padang Pariaman 81 ribu lebih, dengan capaian perharinya 27 ribu lebih," jelas Arry.

Selain itu, untuk menggenjot vaksinasi, Arry menyebut, pihaknya juga telah mengirimkan 4 tim vaksinator ke 4 kabupaten, yaitu ke Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman dan Pesisir Selatan, pada 22 hingga 26 Desember lalu. 

Selama lima hari tersebut, masing-masing tim bisa melakukan vaksinasi pada 100 hingga 150 orang perhari. Vaksinasi dilaksanakan di nagari-nagari bahkan door to door ke rumah masyarakat.

Dalam rakor tersebut, beberapa kepala daerah juga menyampaikan beberapa strategi yang akan dilakukan hingga akhir Desember. Seperti Bupati Padang Pariaman akan menggencarkan vaksinasi ke pesantren-pesantren serta menggratiskan tiket masuk ke tempat wisata plus mendapatkan sembako bagi masyarakat yang mau divaksin.

(ila/adi)

Berita Terkait

Baca Juga