Banjir Rendam Kabupaten Muara Enim, 71 Kepala Keluarga Terdampak

Banjir Rendam Kabupaten Muara Enim 71 Kepala Keluarga Terdampak Banjir di Muara Enim, Sumatera Selatan, Senin (27/12/2021)(Foto: dok. BNPB)

Covesia.com - Banjir melanda dua desa di Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatra Selatan, pada Senin (27/12/2021) dini hari tadi. Kejadian yang berlangsung pada pukul 04.00 WIB mengakibatkan sejumlah warga dievakuasi ke tempat aman.

Data sementara BPBD Kabupaten Muara Enim menyebutkan sebanyak 71 KK terdampak genangan yang terpantau hingga 150 cm di beberapa titik. 

"BPBD Kabupaten Muara Enim segera melakukan upaya penanganan darurat saat banjir melanda Kelurahan Air Lintang dan Pasar II. Tim Reaksi Cepat BPBD bersama TNI dan Polri mengevakuasi warga yang membutuhkan pertolongan menuju ke tempat ibadah yang tidak terendam banjir," ungkap Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan persnya, Senin.

Menurut laporan BPBD setempat, kata Abdul Muhari banjir disebabkan beberapa faktor seperti hujan lebat berdurasi panjang, kiriman air dari bagian hulu hingga tersumbatnya drainase serta rusaknya tanggul air. 

Menurut Prakiraan cuaca BMKG di Kecamatan Muara Enim pada esok hari (28/12) terpantau berpotensi hujan ringan-hujan petir-hujan sedang. Sementara itu, berdasarkan kajian inaRISK, Kabupaten Muara Enim memiliki 19 kecamatan dengan potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. 

"Salah satu wilayah tersebut yaitu Kecamatan Muara Enim yang terdampak banjir pada dini hari tadi," sebutnya.

Sementara itu, Pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk tetap siaga dan waspada terhadap potensi banjir susulan. BPBD bersama pemerintah kelurahan maupun kecamatan dapat sejak awal mengidentifikasi tempat evakuasi sementara apabila dibutuhkan. 

"Penerapan protokol kesehatan juga harus diterapkan ketika proses evakuasi warga dilakukan atau pun pada pos pengungsian," kata dia.

(ril/don)


Berita Terkait

Baca Juga