Kanwil Kemenkumham Sumbar Perketat Pengamanan Lapas dan Rutan Selama Nataru

Kanwil Kemenkumham Sumbar Perketat Pengamanan Lapas dan Rutan Selama Nataru Apel Siaga Jajaran Pemasyarakatan dalam rangka menjaga kelancaran serta antisipasi potensi gangguan keamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2022, Jumat (24/12/2021)

Covesia.com - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kanwil Kemenkumham) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Apel Siaga Jajaran Pemasyarakatan dalam rangka menjaga kelancaran serta antisipasi potensi gangguan keamanan selama perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

Apel yang digelar di Lapangan Upacara Kanwil Kemenkumham Sumbar ini, Jumat (24/12/2021) dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy sebagai Pembina. Acara ini diikuti oleh seluruh Pejabat Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumbar, Kepala UPT Pemasyarakatan dan perwakilan pegawai Pemasyarakatan se-Sumbar, juga Pimpinan Forkopimda di Sumbar.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan pemusnahan barang bukti hasil razia di Lapas dan Rutan se-Sumatera Barat.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur menyampaikan apresiasinya atas kegiatan apel yang terlaksana dengan baik, dalam rangka menyambut Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Perlu untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban serta mengoptimalisasi pelayanan terhadap tahanan, narapidana dan anak di Lapas/Rutan/LPKA agar pelaksanaan perayaan Nataru dapat berjalan dengan lancar, aman dan kondusif, serta untuk meningkatkan kewaspadaan dan  mengantisipasi gangguan   keamanan dan ketertiban”, ujar Wakil Gubernur.

Wagub juga menyampaikan apresiasinya atas capaian perdikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang diterima Kanwil Kemenkumham Sumbar.

"Selamat kepada Kakanwil dan jajaran atas capaian yang telah di raih dengan segala daya dan upaya yang tentunya tidak mudah”, tutur Audy.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sumbar, R. Andika Dwi Prasetya mengatakan, pengamanan ini atas perintah kementerian melalui pimpinan untuk ikut bertanggungjawab menciptakan kondisi aman selama perayaan.

"Kita dituntut ikut bertanggungjawab dalam hal pengamanan dilingkungan Kemenkumham Sumbar, khususnya Lapas dan Rutan," ungkap Andika.

Menurutnya, lingkungan Lapas dan Rutan perlu penjagaan agar kondusif baik diluar maupun di dalam Lapas dan Rutan itu sendiri. 

"Dalam pengawasan, kita akan menggunakan prosedur operasional yang ada dengan berkoordinasi dengan pemerintah di daerah, TNI dan Polri tentunya," kata dia.

Selain itu, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, pihaknya juga melakukan pemusnahan barang-barang yang dilarang keberadaan di dalam Lapas maupun Rutan. Barang tersebut merupakan hasil razia sepanjang tahun 2021.

"Barang-barang tersebut berupa senjata tajam dan barang lainnya. Kalau barang jenis narkotika, jika ada temuan kita langsung berkoordinasi dengan pihak BNN maupun kepolisian," pungkasnya.

(don)


Berita Terkait

Baca Juga