90 PKL di Kawasan Wisata Pantai Carocok Painan Bakal Direlokasi

90 PKL di Kawasan Wisata Pantai Carocok Painan Bakal Direlokasi Peninjauan PKL yang bakal direlokasi di Kawasan Objek Wisata Pantai Carocok Painan, Pessel. (Istimewa)

Covesia.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) bakal merelokasi sebanyak 90 lapak pedagang kaki lima (PKL) yang berada di kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan. Hal itu dilakukan dalam rangka menata kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan untuk lebih baik lagi. 

Kepala Dinas Perdagangan dan Transmigrasi, Mimi Riarty Zainul, menyampaikan, PKL yang direlokasi itu diantaranya pedagang yang berada didepan Panggung Utama Carocok Painan, dan di depan Mesjid Tarapung Carocok Painan. 

"Total pedagang yang akan direlokasi berdasarkan pendataan kita, ada sebanyak 90," sebutnya kepada Covesia.com, Jumat (24/12/2021). 

Menurutnya, relokasi yang dilakukan terhadap PKL tersebut, bertujuan untuk menata kawasan objek wisata lebih baik lagi kedepannya. Sebab, secara kasat mata beberapa titik keberadaan PKL yang berjejeran di kawasan wisata Carocok Painan tidak indah dipandang mata. 

"Pantai Carocok Painan merupakan salah satu objek wisata unggulan kita di Pesisir Selatan, dengan demikian kita ingin kawasan wisata Carocok lebih baik lagi kedepannya, dan lebih tertata rapi. Sehingga, lebih indah dan memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung," ujarnya. 

Mimi menambah, relokasi PKL akan dilakukan secepatnya sebelum libur tahun baru, dan relokasi pedagang kali ini akan diterapkan secara permanen. 

Kemudian, untuk solusi dan penempatan tempat baru bagi PKL yang di relokasi, kata Mimi, pihaknya bersama dinas terkait akan membahas space yang tepat bagi PKL tersebut. 

"Kita akan carikan solusinya, dan kita juga memikirkan nasib PKL. Harapakan kita, aktivitas pedagang tetap berjalan dengan baik dan setiap lapak tetap dilalui oleh pengunjung. Sehingga, transaksi jual beli tetap terlaksana," ucapnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Suhendri mengatakan, dirinya bakal melaporkan rencana relokasi PKL di Carocok Painan tersebut pada Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar. 

"Jika pimpinan setuju terkait rencana relokasi PKL di Carocok Painan, maka secepatnya akan kita lakukan sosialisasi bersama Dinas Perdagangan dan Transmigrasi kepada pedagang dan masyarakat setempat," katanya. 

Berita Terkait

Baca Juga