Sekda Ingatkan Petugas Pantau Kondisi Kesehatan Anak-anak dan Lansia

Sekda Ingatkan Petugas Pantau Kondisi Kesehatan Anakanak dan Lansia Foto: Humas

Covesia.com - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya terus berupaya memaksimalkan penyaluran bantuan logistik berupa makanan pokok, obat-obatan, serta air bersih kepada warga yang terdampak musibah banjir di beberapa kecamatan dan nagari di Dharmasraya, Selasa (14/12/2021).

Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, seharian penuh turun ke lapangan memantau kondisi warga yang terdampak musibah banjir yang sebagian sudah mengalami penyusutan. Pada kesempatan itu, Sekda turut didampingi Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Dharmasraya, Ade Sudarman, dan sejumlah Kepala Dinas terkait.

"Saya minta penyaluran bantuan dilakukan dengan merata dan dapat dijangkau seluruh rumah atau KK di pelosok yang benar membutuhkan bantuan," ujar Sekda. Tidak itu saja, Sekda juga mengingatkan kepada petugas medis agar segera memeriksa kondisi anak-anak dan lansia yang rawan terkena penyakit akibat banjir yang melanda. 

Kepada warga, Sekda berpesan untuk tetap sabar sembari berdoa agar selalu dijauhkan dari marabahaya. "Yang punya keluarga lansia, agar diperhatikan terus. Sebab kondisi banjir begini cukup rawan, takutnya terperosok masuk got yang masih tertutup banjir," tukasnya.

Adapun, menurut data dari Dinas Sosial P3APPKB, sejak pagi kemarin sudah disalurkan bantuan berupa nasi bungkus sebanyak 500 buah. Kemudian bantuan logistik untuk 70 KK terdampak di Padang Laweh, berupa 350 kg beras, telur 700 butir, mie instan 700 pcs, minyak goreng 70 liter dan gula pasir 70 kg. Untuk SP 3 Tiumang sebanyak 195 KK, bantuan beras 1 ton, mie 50 dus. Lalu Bonjol 187 KK, bantuan beras 500 kg, mie 25 Dus, dan telur 25 karpet.

Kemudian bantuan untuk Abai siat 312 KK, beras 500 kg, mie 25 dus, telur 25 karpet. Ampang kuranji 82 KK, Muaro Sopan 10 KK, Tebing Tinggi 3 KK, sudah dalam penyaluran, sesuai dengan kebutuhan warga yang terkena banjir.

"Ahamdulillah penyaluran bantuan sudah aman. Bantuan yang diterima dari pihak lain pun seperti dari para perantau Dharmasraya dan sejumlah donatur lainnya, juga sudah disalurkan dengan baik. Ini tidak luput dari kerjasama perangkat masing-masing nagari, bhabinsa, bhabinkabtibmas dan pihak lainnya yang sudah dari kemarin di lapangan," ungkap Kepala Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya, Bobby Perdana Riza.

Berita Terkait

Baca Juga