BPBD Pessel: Hampir Semua Kecamatan Terdampak Banjir

BPBD Pessel Hampir Semua Kecamatan Terdampak Banjir Salah satu Kampung di Pessel yang kini dilanda banjir. (Istimewa)

Covesia.com - Akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur seluruh wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), sejak Kamis (16/12/2021) malam hingga Jumat (17/12/2021) siang, menyebabkan terjadinya banjir di daerah tersebut. Rata-rata, seluruh kecamatan di Pessel terdampak banjir. 

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pesisir Selatan, Doni Boy, menyampaikan, akibat diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan sedang di wilayah Pessel, menggakibatkan terjadinya musibah banjir dan longsor dibeberapa kecamatan didaerah itu. 

"Kalau banjir merata, setiap kecamatan terdapat Nagari atau kampung yang terdampak banjir," sebutnya pada Covesia.com melalui telepon seluler. 

Ia menerangkan, musibah banjir terjadi di Nagari Duku, Duku Utara, Nagari Nanggalo di Kecamatan Koto XI Tarusan. 

Kumudian, di Kecamatan IV Jurai, telah terjadi jalan amblas di Kampuang Sungai Nipah, dan longsor di Bukit Panasahan Painan. 

Selanjutnya yaitu, di Kecamatan Batangkapas, banjir merendam beberapa unit rumah warga dan lahan pertanian di Jalamu, Kampung Tanjuang Kandis Taluak Tigo Sakato. 

"Ini baru data sementara sore tadi. Bisa jadi ada penambahan," kata Boy. 

Sementara itu, Camat Batangkapas, Wendra, mengatakan, banjir terjadi di Kampung Anakan sebagian kecil, Koto Nan Duo, Palo Banda, Air Terjun, Jelamu, Sungai Nyalo, dan Kampung Ladang. 

"Banjir terjadi dikawasan yang aksesnya termasuk kawasan rendah. Tadi, ada akses jalan yang tertutup, tapi Alhamdulillah air sudah mulai surut," sebut Camat. 

Boy Menambahkan, banjir juga terjadi di Kecamatan Lengannya, dimana terdapat di Kampung Lamo, Nagari Lakitan Tengah, dan Limau Manis Asam Kumbang. 

"Kampung Limau Manis Asam Kumbang, Kambang, juga terjadi pohon tumbang serta longsor," ujarnya. 

Seterusnya, di Kecamatan Linggo Sari Baganti, banjir terjadi di Air Haji. Lalu, di Kecamatan Ranah Pesisir, BAB Tapan, Ranhul Tapan, Lunang dan Kecamatan Silaut. 

Lanjutnya, saat ini pihaknya dari tim BPBD Pessel, sudah berada dilokasi terjadinya bencana banjir dan longsor untuk melakukan penanganan pertama yaitu mengevakuasi warga dan membuka akses jalan yang terdampak Longsor. 

"Selain kita dari BPBD Pessel, untuk penanganan pertama kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak Basarnas Padang, TNI dan Polri," tuturnya. 

Tidak hanya itu, berdasarkan pantauan Covesia.com dilapangan, banjir juga terjadi di Kecamatan Sutera, diantaranya di Nagari Rawang Gunung Malelo, banjir terjadi di Kampung, Lampanjang, Tabek dan Salo Gunung. 

Setelah itu, di Nagari Aur Duri Surantih, Kampung Koto Baru, Ampiang Parak Timur, Kampung Lambung Bukit dan Ampalu. 

(ind)

Berita Terkait

Baca Juga