Lewat Voting, Mantan Walikota Padang Fauzi Bahar Terpilih Jadi Ketua LKAAM Sumbar

Lewat Voting Mantan Walikota Padang Fauzi Bahar Terpilih Jadi Ketua LKAAM Sumbar Mantan Walikota Padang Fauzi Bahar Datuak Nan Sati ditetapkan sebagai Keua LKAAm Sumbar Periode 2021-2026 (Ist)

Covesia.com - Setelah melaksanakan Musyawarah Besar (Mubes) ke XII Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar mantan wali kota Padang Fauzi Bahar terpilih sebagai ketua. 

"Pak Fauzi Bahar terpilih sebagai Ketua LKAAM Sumbar yang baru menggantikan saya yang sudah menjabat dua periode," ungkap mantan Ketua LKAAM Sumbar, M Sayuti usai Mubes, Kamis (16/12/2021). 

Dikatakan Sayuti, Fauzi Bahar terpilih karena mendapat suara terbanyak dari LKAAM kabupaten kota. 

"Fauzi Bahar akan menjabat sebagai Ketua LKAAM Sumbar hingga 2026 mendatang. Serah terima jabatan digelar usai pengurusan LKAAM Sumbar yang lama berakhir pada Maret tahun mendatang," imbuhnya. 

Sebelumnya ada 10 calon yang akan memperebutkan posisi ketua LKAAM yakni Syafrizal Ucok Dt Batuah, Jasman Dt Bandaro, M Sayuti Datuak Rajo Panghulu, Fauzi Bahar Datuak Nan Sati, Yong Hendri Dt Paduko Reno, Epi Radisman, Amri Amir, Budiman Dt Malano Garang, Gustiar Jamal serta Zulkifli.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Mahyeldi telah membuka (Mubes) ke XII Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat di ruang rapat adat Kantor LKAAM Sumbar, Kamis (16/12/2021).

Mahyeldi mengatakan LKAAM sebagai lembaga adat memiliki peran strategis dalam mewujudkan masyarakat Minangkabau yang maju dan mandiri, dalam nuansa falsafah "Adat basandi Syara’dan Syara’basandi kitabullah".

Menurutnya, Sumbar sangat merasakan manfaat dan fungsi dari LKAAM, dalam rangka percepatan pembangunan. 

"Ini terbukti dari begitu banyak permasalahan yang baru akan tuntas ketika sudah ada partisipasi aktif para tokoh adat terutama dalam urusan sako pusako," ujarnya. 

(lia)

Berita Terkait

Baca Juga