Kerap Sebabkan Kecelakaan, Warga Harapkan Perbaikan Jalan Rusak di Pessel

Kerap Sebabkan Kecelakaan Warga Harapkan Perbaikan Jalan Rusak di Pessel Salah satu ruas jalan yang rusak di Pesisir Selatan yang kerapkan memakan korban kecelakaan (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Jalan Kampung Pandan menuju Kampung Sapan, di Kenagarian Koto Nan Duo, Kecamatan Batang Kapas, Pesisir Selatan, mengalami rusak parah dan berlubang. Akibatnya, para pengendara kerap terjatuh saat melewati jalan tersebut. 

Menurut informasi dari masyarakat sekitar Erni (47) mengatakan, jalan di kampungnya itu sudah lama rusak parah, dan belum ada perbaikan sampai saat ini. 

"Sudah rusak parah dan berlobang sejak lama. Tapi belum ada perbaikan, bahkan sudah sering warga terjatuh ketika melintasi jalan tersebut. Memang tidak ada yang meninggal, tapi korban mengalami luka-luka, dan kejadian seperti itu sudah beberapa kali terjadi," sebutnya pada Covesia.com Rabu (15/12/2021). 

Karena sudah memakan korban, ia selaku warga yang hampir saban hari melintasi jalan itu berharap, agar pemerintah daerah memprihatinkan dan memperbaikinya dengan cepat. 

"Semakin hari semakin parah, lubang jalan semakin besar dan dalam. Apalagi lampu jalan juga tidak ada," ucapnya. 

Sementara itu, Wali Nagari Koto Nan Duo, Mahardicka mengatakan jalan rusak tersebut sudah terlihat sejak dua tahun terakhir. Untuk menghindari korban kecelakaan lebih banyak, pihaknya meminta agar perbaikan jalan dapat disegerakan.

"Jalan yang rusak ini, jalan kabupaten. Kalau dapat segera diperbaiki," ungkapnya. 

Menurutnya, kondisi jalan ini harus segera diperbaiki. Sebab, jalan tersebut merupakan akses jalan utama yang mesti dilalui oleh warga setiap harinya. 

"Karena akses utama, jalan ini harus menjadi prioritas. Sehingga, mampu mendukung aktifitas ekonomi," sebutnya.

Dikatakannya, terkait kondisi jalan ini, pihaknya dari pemerintah nagari sudah menyampaikannya ke pada pemerintah daerah. Namun, belum ada tanggapan sampai saaat ini. 

"Sudah dua kali kita usulkan proposalnya ke pemerintah daerah. Dulu, waktu masih Wali Nagari yang lama sudah dibuat proposal. Sekarang saya sebagai Wali Nagari yang baru saya coba usulkan kembali. Kita berharap semoga cepat diperbaiki," tutupnya. 

Terpisah, PLT Dinas PUPR, Syariwan menyampaikan jalan rusak tersebut akan segera diperbaiki. Dia mengetahui kondisi itu setelah mendapat kiriman vidio jalan rusak dan berlobang dari rekan media.

"Kami akan usahakan untuk diperbaikinya. Dan saya sudah mengetahui kondisi jalan itu dari kawan-kawan media. Berdasarkan, video yang dikirim rekan media," kata dia.

(ind)


Berita Terkait

Baca Juga