PT. KAI Uji Coba Perpanjangan Rute KA Sibinuang Menuju Stasiun Pauh Lima

PT KAI Uji Coba Perpanjangan Rute KA Sibinuang Menuju Stasiun Pauh Lima Kereta Api Sibinuang saat akan uji coba perpanjangan rute dari Stasiun Simpang Haru ke Stasiun Pauh Lima Kota Padang, Rabu (15/12/2021)(Foto: Covesia-Primadoni)

Covesia.com - Dalam rangka mempersiapkan perpanjangan Kereta Api (KA) Sibinuang, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) II Sumatra Barat (Sumbar) bersama Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas II Sumatera Bagian Barat melakukan uji coba perpanjangan relasi atau rute dari stasiun Padang menuju stasiun Pauh Lima, kecamatan Pauh, kota Padang, Rabu (15/12/202).

Yang mana sebelumnya rute dari Pulau Aie kemudian diperpanjang lagi sampai stasiun Pauh Lima yang ditargetkan beroperasi pada tahun 2022 mendatang. 

Vice President PT. KAI Divre II Sumbar, Miming Kuncoro mengatakan, percobaan perpanjangan rute tersebut sekaligus menjawab keinginan masyarakat serta memberikan layanan maksimal kepada masyarakat yang berada di sekitar stasiun Pauh Lima melalui moda transportasi Kereta Api (KA).

"Jadi yang kami pilih itu KA Sibinuang yang sebelumnya relasinya Naras-Pariaman-Pulau Aie, maka akan kami perpanjang sampai ke stasiun Pauh Lima, kecamatan Pauh, kota Padang," ungkapnya.

Dijelaskan Miming, pemilihan perpanjangan relasi atau rute KA Sibinuang menuju stasiun Pauh Lima karena lokasi serta daerah di sana yang berpotensi banyaknya masyarakat yang butuh moda transportasi KA seperti mahasiswa Universitas Andalas (Unand). 

"Jumlah mobilitas masyarakat yang tinggi di sekitar stasiun Pauh Lima tersebut tentu sangat menjanjikan selain memberikan layanan transportasi umum KA," jelasnya. 

Selain itu kehadiran KA Sibinuang di stasiun Pauh Lima akan berdampak terhadap pengurangan jumlah volume kendaraan bermotor dan angka kecelakaan di jalan raya karena masyarakat sudah memiliki alternatif transportasi umum. 

Miming menyebutkan, setelah melakukan uji coba, pihaknya bersama BTP Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Barat dan Dishub akan menyusun dan berkoordinasi melakukan percepatan agar KA Sibinuang bisa beroperasi di stasiun Pauh Lima pada tahun 2022. 

"Panjang stasiun Padang menuju stasiun Pauh Lima sendiri yakni sekitar 17 kilometer atau lama perjalanan selama 15 menit. Mudah-mudahan tahun 2022 nanti KA Sibinuang sudah sampai ke sana," kata dia. 

Sementara untuk perlintasan liar yang berada di sepanjang perlintasan menuju stasiun Pauh Lima, pihaknya bersama BTP Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Barat akan melakukan koordinasi terkait penutupan perlintasan agar aman dan nyaman. 

Terpisah, Kepala BTP Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Barat, Suranto mengatakan, uji coba atau reaktivasi jalur KA dari stasiun Padang menuju Pauh Lima merupakan salah satu cara untuk menambah pelayanan penumpang menggunakan KA Sibinuang. 

Disebutkan, pemilihan KA Sibinuang sendiri adalah karena KA tersebut memiliki kemampuan dalam perlintasan yang menanjak dibandingkan dengan KA Minangkabau Express dan KA Lembah Anai. 

"Pastinya dengan perpanjangan relasi perjalanan itu akan menambah okupansi penumpang dan bisa mempermudah penumpang untuk sampai ke tempat tujuan mereka," katanya. 

Ia menambahkan, untuk mendukung aktivasi relasi menuju Pauh Lima tersebut, pihaknya secara paralel sampai tahun 2022 akan melengkapi fasilitas penunjang seperti pembangunan peron kereta, loket tiket, dan fasilitas penunjang lainnya. 

(don)

Berita Terkait

Baca Juga