BIN Gempur Vaksinasi Perdana bagi Pelajar Usia 6 hingga 11 Tahun di Sawahlunto

BIN Gempur Vaksinasi Perdana bagi Pelajar Usia 6 hingga 11 Tahun di Sawahlunto Tampak salah seorang pelajar di Sekolah Dasar Negeri 19 Santur, Sawahlunto, yang menjadi lokasi kickoff perdana pemberian suntikan vaksinasi jenis Sinovac di Kota Itu, Selasa (14/12/2021)(Foto: Binda Sumbar)

Covesia.com - Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Sumatra Barat, mulai menggempur puluhan pelajar usia 6 hingga 11 tahun dengan dosis Vaksinasi Coronavirus Disease 2019 di Kota Sawahlunto.

Penyuntikan Vaksinasi tersebut dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 19 Santur, Sawahlunto, yang menjadi lokasi kickoff perdana pemberian suntikan vaksinasi jenis Sinovac di Kota Itu, Selasa (14/12/2021).

Kepala BINDA Sumbar, Hendra mengungkapkan, pemberian dosis pertama perluasan kelompok penerima vaksinasi ini, serentak diadakan di seluruh Indonesia, yang sudah melalui pertimbangan, kajian dan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).

ITAGI memastikan bahwa pemberian vaksinasi Covid-19 pada kelompok anak usia 6 sampai 11 tahun tersebut, telah dinyatakan aman dan harus dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. 

“Hari ini, kita mulai melaksanakan vaksinasi bagi kelompok penerima vaksinasi usai 6 hingga 11 tahun. Sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo. Pelaksanaan vaksinasi perdana ini, serentak diadakan di seluruh Kota dan Kabupaten yang telah mencapai cakupan lebih dari 70 persen untuk vaksinasi Dosis Pertama dan cakupan vaksinasi pada kelompok lanjut usia mencapai lebih 60 persen,” ungkap Hendra.

Ia menjelaskan, dipilihnya Kota Sawahlunto sebagai wilayah perdana yang menerima suntikan Dosis Pertama vaksinasi untuk kelompok penerima pada usia 6 hingga 11 tahun, lantaran di Sumatera Barat baru Kota Sawahlunto yang dinyatakan Pemerintah Pusat sudah layak dilaksanakan karena cakupan vaksinasinya sudah sesuai target. 

“Bagi daerah yang baru mencapai kriteria tersebut setelah kickoff, dapat memulai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun sesuai ketersediaan vaksin. Hari ini, Kota Sawahlunto yang baru memenuhi kriteria tersebut. Target kita 6.000 murid penerima vaksinasi,” ujarnya.

Mengingat vaksinasi ini penting untuk menciptakan 'Herd Immunity' atau kekebalan kelompok dan bagian dari ikhtiar bersama untuk keluar dari belenggu Covid-19, pihaknya berharap seluruh orang tua murid dapat memberikan motivasi ataupun dukungan kepada anak-anaknya. 

“Kita berharap, orang tua di rumah memberikan motivasi serta dukungan kepada anak-anaknya. Vaksinasi ini penting diberikan pada anak-anak kita, karena mereka juga merupakan salah satu kelompok yang rentan terinfeksi Covid-19,” kata dia.

Sementara itu secara terpisah, Walikota Sawahlunto, Deri Asta menyebutkan, untuk 3 hari kedepan pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada seluruh Wali Murid tentang pentingnya memberikan dosis vaksinasi ini kepada anak usia 6 hingga 11 tahun. 

Baru setelah itu kata Deri Asta, Pemko Sawahlunto Bersama dengan BINDA Sumatra Barat dan otoritas terkait lainnya, akan mengadakan vaksinasi massal untuk penerima kelompok ini. 

“Secara resmi, kita launching hari ini di SD 19 Santur sesuai dengan arahan Presiden. Ada sekitar 50 murid yang disuntik vaksin tadi. Skemanya, 3 hari kedepan kita sosialisasikan kepada seluruh orang tua. Baru kemudian kita laksanakan vaksinasi massal,” pungkas Walikota.

(don)


Berita Terkait

Baca Juga