POGI Sumbar Gelar Vaksinasi bagi Ibu Hamil dan Menyusui di Kota Padang

POGI Sumbar Gelar Vaksinasi bagi Ibu Hamil dan Menyusui di Kota Padang Pelaksanaan Vaksinasi bagi Ibu Hamil dan Menyusui oleh POGI Sumbar, di Hall UNP Padang, Sabtu (4/12/2021)(Foto: Covesia-Primadoni)

Covesia.com - Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan menyusui di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Sabtu (5/4/2021). 

Dalam kesempatan tersebut juga di hadiri Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi yang juga membuka secara resmi kegiatan vaksinasi itu. 

Gubernur Mahyeldi mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada RSUP DR M Djamil Padang dalam vaksinasi ibu hamil dan menyusui ini. 

"Insya Allah setelah ini juga dilakukan RSUP M Djamil beserta Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota nanti langsung ke masyarakat. Sehingga capaian vaksinasi kita akan lebih baik lagi," ungkapnya. 

Mahyeldi juga menyebutkan saat ini pelaksanaan vaksinasi juga ada di Polda Sumbar, Polres-polres hingga Polsek serentak hari ini. 

"Mudah-mudahan dengan gerakan bersama ini akan lebih maksimal dan masyarakat merespon dengan baik sehingga target 70 persen angka capaian Vaksinasi di Sumbar segera tercapai hingga akhir tahun," kata dia.

Mahyeldi juga menyebutkan, untuk capaian vaksinasi di Sumbar hingga saat ini baru mencapai 56 persen. 

Sementara itu Direktur SDM, Pendidikan dan Umum RSUP DR M Djamil yang juga Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Sumbar Dovy Djanas mengatakan, antara vaksinasi ibu hamil dan tanpa ibu hamil itu sebenarnya sama.

"Jadi jangan takut. Masalahnya adalah jika ibu hamil itu terinfeksi Covid-19 maka biasanya pemburukan penyakit lebih berat dari yang tidak," sebutnya. 

Pihaknya menyampaikan ini adalah tugas kemanusiaan. Ibu hamil harus melakukan vaksinasi agar terhindar dari Covid-19. 

"Tentu, sebelum mendapatkan Vaksinasi ada syaratnya, ada screeningnya, jika lolos screening baru di vaksin," ungkapnya. 

Pihaknya mengimbau bagi ibu hamil dan keluarga, mari kita menyelamatkan bersama-bersama. Dari laporan penelitian di dunia, bahwa efektivitas dan maupun yang ditakutkan ibu hamil terhadap vaksinasi tersebut tidak ada laporan tentang itu.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, untuk capaian vaksinasi bagi ibu hamil di Sumbar masih terbilang rendah.

"Cakupan vaksinasi bagi ibu hamil di Sumbar lebih kurang 20 ribu lebih, sekarang baru ratusan," pungkasnya.

(don)

Berita Terkait

Baca Juga