Gandeng Konsulat AS, Pemko Padang Majukan Kota Lewat Perdagangan, Pendidikan dan Pariwisata

Gandeng Konsulat AS Pemko Padang Majukan Kota Lewat Perdagangan Pendidikan dan Pariwisata

Covesia.com -  Wali Kota Padang Hendri Septa terus melakukan berbagai upaya untuk memajukan kota Padang, khususnya di bidang perdagangan, pendidikan dan pariwisata. Salah satu bentuk upaya itu menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak.

"Alhamdulillah hari ini, kita Pemerintah Kota Padang menjalin hubungan kerja sama dengan Konsulat Amerika Serikat (AS) di Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kita sama-sama sepakat menjalin kerja sama di bidang perdagangan, pendidikan, dan pariwisata," ungkap Hendri usai melakukan pertemuan dengan Konsul AS untuk Indonesia di Medan Mr. Gordon Church di Kantor Konsulat AS di Medan, Kamis (18/11/2021).

Dengan potensi Kota Padang yang sangat besar di tiga bidang perdagangan, pendidikan dan pariwisata, Konsul AS untuk Indonesia di Medan akan mendukung terciptanya 'sister city' (kota kembar-red) antara Kota Padang dengan salah satu kota di AS yang unggul di bidang perdagangan, pendidikan san pariwisata. 

"Tentunya yang sama memiliki karakteristik, minat serta visi dan misinya," sebutnya. 

Pemko Padang kata Hendri pernah diundang sebelumnya oleh Kementerian Luar Negeri AS melalui Konsul AS di Medan untuk mengikuti IVLP (International Visitor Leadership Program) pada akhir tahun 2018 lalu.

"Kita bisa mengikuti program IVLP on Demand, yaitu program IVLP yang didesain sesuai minat kota terkait seperti yang pernah dilakukan beberapa kota di Indonesia contohnya Kota Bandung."

"Dalam program IVLP on Demand sesuai minat tersebut, Konsul AS untuk Indonesia di Medan menyarankan kita mengikutsertakan stakeholder seperti perguruan tinggi dan Kamar Dagang Industri Indonesia (Kadin). Apalagi di Kota Padang sudah punya American Corner yaitu di Universitas Andalas. Semoga dapat mendukung upaya tersebut," imbuhnya.

Sementara itu Konsul AS untuk Indonesia di Medan Mr. Gordon Church  "Kita siap mendukung dan memfasilitasi Kota Padang untuk melakukan kerja sama sister city dengan salah satu kota di AS. Khususnya dalam hubungan kerja sama di bidang perdagangan, pendidikan dan pariwisata yang resmi terjalin hari ini," sebut dia melalui penerjemahnya.

(lia)

Berita Terkait

Baca Juga