Cuaca Cerah, Aktifitas Nelayan di Tanjung Mutiara Agam Mulai Menggeliat

Cuaca Cerah Aktifitas Nelayan di Tanjung Mutiara Agam Mulai Menggeliat Aktifitas Nelayan di Tiku, Kabupaten Agam (Foto: Dok. Covesia-Johan)

Covesia.com - Sempat satu bulan tidak melaut, nelayan di Pantai Pasia Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat mulai melakukan aktifitas mencari ikan.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Agam, Arman Aciak mengatakan, kondisi cuaca normal terpantau sudah terjadi satu pekan terakhir hal ini membuat para nelayan mulai berani melaksanakan aktifitas.

"Sudah mulai berangsur-angsur ke laut, kemarin ada yang sudah kembali ke darat dan hasil tangkapan lumayan," ujarnya, Selasa (16/11/2021).

Selain meningkatnya hasil tangkapan nelayan, kondisi cerah ini juga berpengaruh kepada produksi ikan asin di Kecamatan Tanjung Mutiara.

Salah seorang pengusaha ikan asin di Nagari Tiku V Jorong, Yofi mengatakan, saat ini bahan baku membuat ikan asin tidak terlalu sulit didapat, seluruhnya merupakan hasil tangkapan nelayan setempat.

"Untuk harga jual dari nelayan juga tidak terlalu mahal dan bahan baku juga cukup banyak," terangnya.

Selain itu cuaca cerah juga mempengaruhi produksi ikan asin yang sebelumnya membutuhkan waktu 3 hari pengeringan namun pekan ini hanya 1 hari.

"Untuk harga jual kita sudah normal kembali, hasil produksi kita jualkan di pasar tradisional di Agam, dan ada yang yang dibawa ke Padang, Bukittinggi, dan Padang Panjang," tutupnya.

(jhn)


Berita Terkait

Baca Juga