PPID Pariaman Siap Dinilai KI Sumbar

PPID Pariaman Siap Dinilai KI Sumbar

Covesia.com - Menjelang visitasi yang dilakukan  Komisi Informasi (KI) Sumbar, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dinas Kominfo Kota Pariaman gelar rapat persiapan.

Plt Kadis Kominfo, Adi Junaidi mengatakan bahwa PPID Utama sudah melalui tahapan monitoring dan evaluasi (monev) yang diawali dengan launching awal Juli lalu.

KI Sumbar umumkan lima nominator pemeringkatan Badan Publik 2021, dimana Kota Pariaman masuk 5 besar untuk kategori pemerintah kabupaten/kota, Selasa (26/10), dalam hal ini PPID Utama yang berada di Dinas Kominfo Kota Pariaman.

“Setelah masuk 5 besar, KI Sumbar akan mengunjungi dan melakukan visitasi. Tahap visitasi tersebut akan dilaksanakan mulai 4-16 November,” sebutnya.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Adi Junaidi didampingi Kabid IKP Dinas Kominfo, Elfadri, Kabid Egoverment Dinas Kominfo, Eka Putra Pernanda dan Kasi PIP Dinas Kominfo, Agusti Rabaini di Ruang PPID Kota Pariaman, Senin (1/11/2021).

Maka dari itu, segala persiapan telah dilakukan mulai cek fisik ruangan, kelengkapan data dan segala sarana dan prasarana serta kelengkapan yang ada.

Lebih lanjut, Adi menuturkan bahwa pada tahun 2020 Kota Pariaman mendapatkan predikat Juara 3, PPID informatif di Sumbar, Keterbukaan Informasi Publik kategori pemerintah Kabupaten/Kota, targetnya tahun ini menjadi PPID yang informatif peringkat pertama di Sumbar.

“Mudah-mudahan, persiapan yang kita lakukan baik tim PPID utama, PPID pembantu, dan Tim Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Kota Pariaman, yang telah bekerja keras,  PPID Kota Pariaman bisa masuk pada tahap selanjutnya dan dan lebih meningkat dari tahun sebelumnya dan menjadikan pelayanan informasi yang lebih baik,” ujar Adi Junaidi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Pariaman, masuk 5 Besar dalam Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Provinsi Sumatra Barat Tahun 2021.

Hal ini setelah dikeluarkan surat dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatra Barat, nomor 147/KI-PSB/X/2021, tertanggal 26 Oktober 2021, tentang Pengumuman Hasil Verifikasi Kuesioner dan Pemeringkatan Badan Publik se Sumatera Barat Tahun 2021, yang lolos tahap verifikasi.

“Setelah melalui tahapan monitoring dan evaluasi (monev) yang diawali dengan launching awal Juli lalu, Komisi Informasi (KI) Sumbar umumkan lima nominator pemeringkatan Badan Publik 2021, dimana Kota Pariaman masuk 5 besar untuk kategori pemerintah Kabupaten/Kota, dalam hal ini PPID Utama nya, yang berada di Dinas Kominfo Kota Pariaman,” ujar Adi Junaidi.

“Keterbukaan informasi memberi peluang bagi rakyat untuk berpartisipasi dalam berbagai kebijakan publik. Kondisi ini sekaligus dapat mendorong terciptanya clean goverment and good governance, karena pemerintah dan badan-badan publik, dituntut untuk menyediakan informasi yang lengkap mengenai apa yang dikerjakannya secara terbuka, transparan dan akuntabel,” ungkapnya.

Lulusan IPDN ini juga mengatakan, kebebasan informasi diharapkan menjadi spirit demokratisasi yang menawarkan kebebasan sekaligus tanggung jawab secara bersamaan. Kebebasan informasi, di satu sisi harus mendorong akses publik terhadap informasi secara luas.

“Sementara di sisi yang lain, kebebasan informasi juga sekaligus dapat membantu memberikan pilihan langkah yang jelas bagi pemerintah, dalam mengambil suatu kebijakan secara strategis,” tutupnya.

Berita Terkait

Baca Juga