Perjuangan Kapolsek Padang Selatan, Jemput Masyarakat Mudahkan Akses Dapatkan Vaksinasi Gratis

Perjuangan Kapolsek Padang Selatan Jemput Masyarakat Mudahkan Akses Dapatkan Vaksinasi Gratis Tampak Kapolsek Padang Selatan AKP Purwanto, saat mendampingi warga yang sudah dijemput dan mendapatkan Vaksinasi gratis di kawasan Bukit Gado-Gado, Kota Kota Padang, Minggu (14/11/2021)(Foto: Covesia-Primadoni)

Covesia.com - Dengan berjalan kaki, mendaki bukit, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Padang Selatan, Kota Padang, AKP Purwanto bersama jajarannya mendatangi rumah-rumah penduduk di Kelurahan Bukit Gado-Gado Kecamatan Padang Selatan, untuk mencari masyarakat yang belum mendapatkan Vaksinasi gratis di daerah itu, Minggu (14/11/2021).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Gerebek Vaksin yang dicanangkan Kapolsek Padang Selatan guna mengimbau dan mengajak masyarakat yang belum vaksin di wilayah hukum Polsek Padang Selatan.

"Setelah mendapat data dari Bhabinkamtibmas terkait warga yang belum vaksin, maka kami mendatangi dan memberi penjelasan secara humanis tentang apa itu vaksinasi dan manfaatnya bagi tubuh dalam menghadapi Covid-19," ujar Kapolsek.

Kendala medan sempat dirasakan oleh Kapolsek dan jajaran, kondisi rumah penduduk yang berada di lereng-lereng bukit yang cukup terjal membuat tim harus bermandi keringat guna dapat mencapai target sasaran.

Kapolsek juga bekerjasama dengan Puskesmas Pemancungan guna memberikan vaksinasi gratis bagi warga yang berhasil dijemput oleh jajarannya.

"Kita sengaja mendirikan pos vaksinasi di halaman salah satu rumah warga, agar memudahkan akses warga. Karena salah satu alasan warga selama ini adalah keengganan warga untuk datang ke Rumah Sakit/ Puskesmas," lanjut Kapolsek.

Hal tersebut dibenarkan oleh Meri salah seorang warga yang berhasil dijemput. Ia mengatakan selama ini masih ragu-ragu dengan vaksin, apa lagi banyak berita-berita yang simpang siur tentang keamanan dan kehalalan vaksin.

"Setelah informasi langsung dari bapak-bapak Polisi yang datang langsung ke rumah, saya baru percaya, dan memberikan edukasi kepad kami terkait pentingnnya vaksinasi tersebut, apalagi lokasi vaksinnya sudah ada di dekat rumah," ungkap Meri.

Tidak hanya pihak Kepolisian pada kegiatan ini Kapolsek juga melibatkan LPM, RT/RW serta kelompok remaja yang tergabung dalam Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Bukit Gado-Gado.

Upaya Gerebek Vaksin ini akan terus dilakukan oleh pihak Polsek Padang Selatan di sebelas kelurahan, hingga target sasaran vaksinasi dapat tecapai secara maksimal. 

"Semoga upaya kita ini tidak sia-sia, dan kita meminta masyarakat juga ikut antusias mensuskseskan program Vaksinasi ini, semoga cepat terciptanya Herd Immunity di tengah-tengah masyarakat, supaya kita terbebas lagi dari penularan Covid-19 nantinya," kata dia.

(don)

Berita Terkait

Baca Juga