Museum Adityawarman Sepi, Meski Kota Padang Sudah Tidak PPKM Level 4

Museum Adityawarman Sepi Meski Kota Padang Sudah Tidak PPKM Level 4 Foto: Laila Marni

Covesia.com - Semenjak kota Padang memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 beberapa waktu lalu kunjungan wisatawan di Museum Adityawarman semakin sepi. 

Namun kini saat Kota Padang sudah tidak berstatus level 4, Museum Adityawarman masih saja sepi pengunjung. 

Berdasarkan pantauan Covesia.com di lokasi hanya terdapat segelintir orang. Mereka pun lebih banyak bermain di taman halaman museum. 

Santi salah satu pengunjung mengatakan ke museum untuk mengetahui apa saja koleksi di Museum. Sebab selama ini belum pernah sempat berkunjung. 

"Tapi sepi sekali, untuk koleksi cukup lengkap, kita jadi tambah pengetahuan tentang Sumbar khususnya pakaian adat Minangkabau, peralatan masak dan banyak hal lainnya," ungkapnya, Minggu (14/11/2021). 

Sementara itu, saat Covesia.com mengonfirmasi kepada salah satu penjaga tidak mau menjawab dikarenakan tidak kapasitasnya. Covesia diminta untuk datang lagi di hari Selasa agar bisa menanyakan lebih lanjut. 

Diketahui, Museum Adityawarman menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah, seperti cagar budaya Minangkabau dan sekitarnya beserta beberapa cagar budaya nasional.

Koleksi utama yang terdapat di museum tersebut dikelompokkan ke dalam sepuluh jenis koleksi, meliputi geologika/geografika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika/heraldika, filolo­gika, keramologika, seni rupa, dan teknalogika.

Di sini juga terdapat Museum Randang. Bahan-bahan masakan membuat randang direplikakan dan dipajang. Juga terdapat sejarah randang, alat memasak dan jenis-jenis randang. 

Museum dibuka dari jam 08.00-16.00 sore untuk tiket masuk dewasa Rp5 ribu dan anak-anak Rp3 ribu. 

(lia/adi)

Berita Terkait

Baca Juga