Sat Ini Kota Pariaman Berada di Zona Hijau Covid-19

Sat Ini Kota Pariaman Berada di Zona Hijau Covid19

Covesia.com -  Peta zonasi resiko Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan di Kota Pariaman terhitung dari tanggal 26 September hingga 4 Oktober 2021 secara keseluruhan sudah berada pada zona hijau.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah saat diwawancarai oleh tim peliput Media Center Kominfo Kota Pariaman, Selasa (5/10) pagi.

Menurut data yang dirilis Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Senin (4/10) kemarin,  tercatat ada 69 desa dan kelurahan yang sudah berstatus zona hijau atau nihil kasus Covid-19, dan hanya dua desa dan kelurahan lainnya masih berstatus zona kuning (resiko rendah) yaitu Kelurahan Alai Galombang, Kecamatan Pariaman Tengah dan Desa Balai Kurai Taji, Kecamatan Pariaman Selatan.

”Alhamdulillah, tren kasusnya semakin menurun. Beberapa desa dan kelurahan juga sudah berhasil mentas ke zona hijau, artinya sudah nihil kasus,” ujar Nazifah.

Secara kumulatif, sejak awal pandemi, tercatat kasus terkonfimasi Covid-19 di Kota Pariaman mencapai 1608 kasus, sebanyak 1569 orang sembuh dan 38 meninggal dunia.

Kemudian, untuk capaian vaksinasi Covid-19 Kota Pariaman hingga saat ini ialah, Vaksinasi I total 20.037 vaksin (26,85%), Vaksinasi II total 9.255 vaksin (12,40%) dan Vaksinasi III total 409 vaksin (0,55%).

Mantan Kadis Kominfo Kota Pariaman itu menambahkan, untuk vaksinasi pelajar di Kota Pariaman, saat ini sebanyak 2.035 orang pelajar SMA dan SMK usia 12 hingga 17 tahun sudah kita vaksin dan berikutinya kami akan turun memberikan vaksinasi kepada pelajar SLTP.

Dikatakannya bahwa, salah satu faktor penurunan kasus sangat dipengaruhi oleh pelaksanaan vaksinasi dan juga tingkat kesadaran masyarakat menjalankan prokes juga semakin baik. Jadi semakin banyak warga yang sudah divaksin, maka akan menambah imunitasnya, sehingga tidak mudah terpapar Covid-19.

"Saat ini, program vaksinasi terus berjalan. Dia pun mendorong masyarakat Kota Pariaman bagi yang belum disuntik vaksin, agar proaktif mendatangi puskesmas terdekat.

Nazifah yakin Kota Pariaman bisa menjadi daerah bebas Covid-19, karena tren kasus Covid-19 hari kehari turun secara drastis.

(rls)

Berita Terkait

Baca Juga