Kereta Sibinuang Kembali Telan Korban Jiwa, PT KAI Ingatkan Masyarakat Perhatikan Keselamatan

Kereta Sibinuang Kembali Telan Korban Jiwa PT KAI Ingatkan Masyarakat Perhatikan Keselamatan Foto: Satlantas Polres Kota Pariaman

Covesia.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Sumatera Barat (Sumbar) mengingatkan kepada masyarakat atau pengguna jalan agar senantiasa memperhatikan keselamatan saat melintas di rel kereta api. Hal tersebut ditujukan karena sering terjadinya kecelakaan yang melibatkan kereta api di perlintasan Padang-Pariaman.

Kasus terbaru terjadi pada, hari ini, Kamis (11/11) Sekitar jam 06.45 WIB, dimana telah terjadi temperan Kereta Api Sibinuang (KA B1) arah dari Stasiun Naras menuju Padang dengan Pejalan Kaki di Petak Jalan KM. 54+1/2 antara Stasiun Pariaman dan Stasiun Lubuk Alung, tepatnya di sekitar Shelter Kurai Taji, Pariaman. Dalam peristiwa tersebut terdapat korban jiwa yang merupakan seorang pejalan kaki.

"Terdapat Korban Jiwa dalam kecelakaan lalu lintas ini, seorang laki - laki usia sekitar 60 tahun. Untuk Sarana KA setelah pengecekan tidak ditemukan kerusakan Sarana. Info yang kami dapat dari lapangan, berdasarkan keterangan di TKP bahwa pejalan kaki berada di jalur KA sesaat sebelum KA Sibinuang dengan nomor KA B1 melintas di lokasi kejadian. Indikasi sementara korban bunuh diri," ujar Humas PT KAI Sumbar, Erlangga kepada Covesia.com, Kamis (11/11/2021).

Untuk itu Erlangga menghimbau agar pejalan kaki atau pengendara lainya agar selalu berhati - hati dan berhentilah sejenak untuk memastikan tidak ada Kereta Api yang melintas saat akan lewat di jalur Kereta Api. Sesuai Undang - Undang No. 23 Tahun 2007 tentang perkeretaapian Pasal 181 ayat 1.

"Yang menyatakan bahwa setiap orang dilarang berada di ruang manfaat jalur kereta api, menyeret, menggerakan, meletakan, atau memindahkan barang diatas rel atau melintasi jalur kereta api, ataupun menggunakan jalur kereta api untuk kepentingan lain, selain untuk angkutan kereta apii," tuturnya mengakhiri.

Sementara itu, menurut informasi dari pihak kepolisian, kecelakaan kereta api di wilayah tersebut sudah sering terjadi. Tercatat dari awal hingga penghujung tahun 2021 saat ini tercatat sudah tiga kali kecelakaan yang berkaitan dengan Kereta Api di wilayah hukum Pariaman.

(adi)

Berita Terkait

Baca Juga