Waspada Banjir Longsor Susulan di Talu Pasbar,120 KK Diungsikan

Waspada Banjir Longsor Susulan di Talu Pasbar120 KK  Diungsikan Foto Pendistribusian bantuan beras ke posko pengungsian korban banjir dan longsor di Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (11/11/2021). (Ist)

Covesia.com -Ratusan Kepala Kelurga (KK) yang menjadi korban banjir dan longsor di daerah Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, terpaksa diungsikan ketempat yang aman.

PJ Wali Nagari Sinuruik, Faridh Muhammad Ali mengatakan, dari 180 KK yang ada di Nagari Sinuruik, 120 KK diantaranya diungsikan ke tempat yang lebih aman yaitu ke daerah dataran tinggi.

"Ada sekitar 120 KK yang diungsikan ke tempat yang lebih aman yaitu di Kampung Solok Kecamatan Talamau, Pasaman Barat. Ini dilakukan guna mengantiasipasi ancaman banjir dan longsor susulan," terang PJ Wali Nagari Sinuruik, Faridh Muhammad Ali, Kamis (11/11/2021).

Kata Faridh, bila hari ini masih hujan, maka warga akan tetap di tempat pengungsian dan belum diperbolehkan kembali ke rumah. 

"Warga akan kita perbolehkan kembali jika kondisi telah dinyatakan aman," kata Faridh Muhammad Ali.

Dalam peristiwa ini, terangnya, selain terputusnya arus trasportasi juga mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak, sawah, sekolah, puskesmas pembantu, dan lainnya juga ikut tergenang air dan berlumpur.

"Dengan hadirnya bupati hari ini, kami berharap dapat memberikan perhatian lebih terhadap masyarakat di sini. Terimakasih atas bantuan semua pihak dari tadi malam hingga saat ini. Mulai mengunsikan warga, membersihan material yang menutupi jalan hingga bantuan beras yang kami terima hari ini," ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam kesempatan itu pemerintah daerah melalui Dinas Sosial menyerahkan bantuan berupa beras sebanyak 1 ton atau 102 karung untuk masyarakat korban banjir dan longsor.

"Bantuan ini ada sekitar 4 Ton beras, untuk saat ini baru 1 ton diserahkan. Hari ini akan kita serahkan ke korban yg terdampak banjir dan longsor. 3 ton lagi akan segera menyusul, dan rencananya akan kita bagikan kepada masrakarat ditiga Jorong yg ada di Nagari Sinuruik dan 3 jorong yang ada di Nagari Talu," tutupnya.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga