Tidak Hanya Kamtibcarlantas, Operasi Zebra Singgalang 2021 juga Peningkatan Penerapan Prokes

Tidak Hanya Kamtibcarlantas Operasi Zebra Singgalang 2021 juga Peningkatan Penerapan Prokes Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, dalam keterangan persnya, Kamis (11/11/2021)(Foto: Covesia-Primadoni)

Covesia.com - Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelar Operasi Zebra Singgalang pada 15 hingga 28 November 2021.

“Operasi dimulai tanggal 15 hingga 28 November 2021, atau selama 14 hari nanti,” ungkap Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, dalam keterangan persnya, Kamis (11/11/2021).

Satake menjelaskan Operasi Zebra Singgalang ini digelar bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam Keamanan Ketertiban Kelancaran Berlalu Lintas (Kamtibcarlantas). Termasuk untuk mengurai kemacetan, mengurangi pelanggaran dan juga kecelakaan hingga meningkatkan kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan (Prokes) dalam penanganan Covid-19.

“Tilang tidak utama, dan untuk pelaksanaannya harus tetap mengedepankan pola edukasi, sosialisasi kepada masyarakat, terkait Kantibcarlantas dan penerapan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Namun tetap dengan cara yang humanis," jelasnya.

Ditanya terkait pemeriksaan masyarakat yang belum memiliki sertifikat atau belum di vaksin dalam Operasi Zebra nanti, pihaknya tidak menampik hal itu. 

"Ya, mengenai hal tersebut, bagi mereka yang terjaring mungkin itu salah satu yang akan ditanyakan, namun tidak melakukan penindakan, kita hanya mengimbau dan mengajak masyarakat untuk segera melaksanakan vaksinasi, karena kita saat ini sedang berupaya menyarankan masyarakat untuk di vaksin, itu juga menyangkut kegiatan apapun yang dilakukan saat sekarang akan terkait dengan vaksinasi," kata dia.

Ia mengimbau dalam pelaksanaan Operasi Zebra nanti, pihaknya mengingatkan kepada masyarakat agar tetap mematuhi aturan berlalu lintas, dan tetap menerapkan protokol kesehatan baik di luar rumah maupun dalam berkendara.

"Kita minta masyarakat agar tetap patuh terhadap aturan berlalu lintas, dan penerapan prokes," pungkasnya.

(don)


Berita Terkait

Baca Juga