Terapkan Sistem "Jemput Antar" dan Beri Bantuan Sembako, BIN Terus Gencarkan Vaksinasi di Padang

Terapkan Sistem Jemput Antar dan Beri Bantuan Sembako BIN Terus Gencarkan Vaksinasi di Padang Tampak salah seorang Lansia yang antusias ikuti Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan BIN Daerah Sumbar di MAN 2 Padang, Kamis (11/11/2021)(Foto: Covesia-Primadoni)

Covesia.com - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumatera Barat bersama-sama dengan dinas dan lembaga terkait lainnya, melanjutkan vaksinasi massal terhadap pelajar dan masyarakat yang digelar hari ini Kamis  (11/11/2021) yang dipusatkan di sekolah MAN 2 Padang. 

Hal tersebut terus dilakukan karena kewaspadaan terhadap potensi terjadinya gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia terus menjadi perhatian, sehingga upaya vaksinasi terus digencarkan agar Indonesia lebih siap menghadapi kemungkinan tersebut.

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Sumbar, Hendra mengatakan dengan melakukan sistem "Jemput Antar" terhadap pelajar dan masyarakat yang akan di vaksin ini agar untuk meningkatkan antusias masyarakat mendapatkan Vaksinasi Covid-19.

"Mereka itu dijemput ke lokasi masing-masing, seterusnya dibawa ke pusat vaksinasi di MAN 2 Padang di Gunung Pangilun, setelah selesai ada yang diberi bantuan Sembako dan diantarkan lagi ke tempat masing-masing. Selain yang dijemput antar, juga banyak warga yang datang sendiri ke lokasi vaksinasi," ungkap Kabinda.

Hendra menjelaskan, sistem "Jemput Antar" ini merupakan pengembangan dari sistem "Door to Door" yang juga dilakukan BIN dalam upaya mengajak masyarakat untuk di vaksin.

"Jemput Antar" merupakan upaya pro aktif kita dalam upaya mengedukasi, mengajak, dan memvaksinasi masyarakat. Kita lakukan ajakan, pencerahan, sehingga masyarakat bersedia dibawa untuk di vaksin. Selain itu, bagi masyarakat yang ingin dijemput, akan segera kita jemput dari lokasi masing-masing, setelah selesai kembali diantarkan ke rumahnya" jelas Hendra.

Dalam agenda Vaksinasi massal kali ini target jumlah warga dan pelajar yang divaksin sebanyak delapan ribu lebih.

"Alhamdulillah Warga dan Pelajar tampak antusias melakukan vaksinasi ini, bahkan para lansia yang sudah uzur pun juga bersemangat untuk di vaksin," kata dia.

Untuk mereka yang sudah di Vaksin, pihak BIN sendiri juga memberikan bantuan Sembako kepada masyarakat, yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak ekonomi.

"Bantuan Sembako diharapkan dapat sedikit mengurangi beban masyarakat akibat Pandemi. Saya mengajak semua kalangan agar berpartisipasi dalam upaya penanggulangan dampak Covid-19 dan upaya vaksinasi yang telah dicanangkan Presiden. Kita semua harus bekerjasama dan bahu membahu agar masalah Pandemi cepat teratasi. Mari ambil bagian, apa yang dapat kita lakukan, ayo berkontribusi" ajak Hendra.

Lebih lanjut Hendra mengatakan, pihaknya terus mengajak masyarakat bagaimana untuk antusias mendapatkan Vaksinasi, dan jangan mudah percaya terhadap isu-isu dan berita Hoaks tentang vaksinasi yang disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Ayo, semuanya datangi tempat terdekat baik Puskesmas, gerai maupun lokasi lainnya untuk melakukan vaksinasi. Kami meminta masyarakat agar tetap percaya dengan pihak yang berwenang, pihak yang berkompeten. Apabila ada pertanyaan tentang vaksin, silakan minta penjelasan kepada dokter, puskesmas atau dinas kesehatan. Jangan percaya kepada mereka yang "menangguk di air keruh", pungkasnya.

(don)


Berita Terkait

Baca Juga