Kadinkes: Vaksinasi di Sumbar Peringkat ke 23 Se-Indonesia

Kadinkes Vaksinasi di Sumbar Peringkat  ke 23 SeIndonesia Kepala Dinas Kesehatan Prov Sumbar Arry Yuswandi (Foto: Laila Marni)

Covesia.com - Vaksinasi di Sumatera Barat terus meningkat. Data terakhir sudah berada di peringkat ke-23 se-Indonesia yang sebelumnya selalu berada di rangking 2 terbawah.

“Benar sudah ada di peringkat ke 23. Ini juga salah satu hasil dari usaha bersama dan Sumdarsin tentunya. Ke depan kita akan teruskan gebyarkan hingga akhir tahun,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Prov Sumbar Arry Yuswandi saat dihubungi Covesia.com, Rabu (10/11/2021).

Arry menjelaskan vaksinasi dosis pertama sudah berada di angka 41,9 persen. Sementara capaian dosis kedua masih 19,03 persen.

Arry mengatakan sasaran vaksinasi untuk  tenaga kesehatan di lingkup dinas provinsi sudah semunya. Kemudian target vaksin booster untuk nakes adalah 100 persen untuk tahun ini. Di Sumbar saat ini, capaian vaksinasi nakes hingga dosis tiga sudah mencapai 66,77 persen.

Dari semua target capaian vaksinasi terendah berada di kelompok Lansia. 

“Vaksinasi lansia ini sebenarnya masih banyak pertimbangan, karena ada kemungkinan yang komorbid juga. Kemudian mobilitas lansia yang juga terbatas. Kita tengah siapkan cara agar mempercepat vaksinasi lansia, salah satu caranya kita kunjungan rumah untuk lansia,” jelasnya. 

Diberitakan sebelumnya kegiatan Sumdarsin pertama dilakukan di GOR Agus Salim secara serentak, sebanyak 20 gerai yang tersebar di Kab/kota di Sumbar.

"Melihat antusiasme masyarakat, kita optimis capaiannya bisa lebih dari target," katanya.

Data sebelum Gerakan Sumdarsin menyebutkan capaian vaksinasi Sumbar 34,54 persen lebih baik dari provinsi lain. Bahkan bisa saja lebih baik dari provinsi Riau .

(lia)

Berita Terkait

Baca Juga