Sejumlah Warga di Agam Dihukum Bersihkan Fasum Lantaran Tak Taat Prokes

Sejumlah Warga di Agam Dihukum Bersihkan Fasum Lantaran Tak Taat Prokes Sumber: istimewa

Covesia.com - Sejumlah warga kedapatan tak kenakan masker di wilayah hukum Polres Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). 

Kapolres Agam, AKBP Dwi Nur Setiawan S.IK M.H melalui Kasubag Humas, AKP Nurdin mengatakan, dari hasil operasi yustisi didapati sejumlah warga yang tidak memetuhi protokol kesehatan.

"Yang terjaring tadi sebanyak 126 orang, dari jumlah tersebut, 100 orang kita berikan teguran lisan, 8 orang teguran tertulis dan 8 orang lagi sanksi sosial," ujarnya, Selasa (2/3/2021).

Operasi Yustisi di wilayah tersebut dilaksanakan di kawasan ramai lalu lintas seperti Simpang III Lubuk Basung.

Kepada para pelanggar pihaknya memberikan sanksi berupa teguran lisan dan diwajibkan untuk membeli masker. Serta sanksi sosial membersihkan fasilitas umum (fasum) dengan memakai rompi pelanggar prokes.

Selain memberikan sanksi kepada pengendara yang melintas, personel yang bertugas juga melakukan kegiatan sosialisasi protokol kesehatan untuk mematuhi aturan wajib menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan, menghindari kerumunan, membatasi mobilisasi dan interaksi.

"Kami informasikan kepada masyarakat mengenai diberlakukannya Perda Provinsi Sumbar Nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Kami juga imbau agar masyarakat tetap mematuhi Perda tersebut," ungkapnya.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga