Dugaan Soal Tanah Ulayat dan Pembakaran Kendaraan, 6 Pemuda Malalo Ditahan Polres Padang Panjang

Dugaan Soal Tanah Ulayat dan Pembakaran Kendaraan 6 Pemuda Malalo Ditahan Polres Padang Panjang Enam Pemuda Malalo Tigo Jurai saat didampingi Tokoh dan Ninik Mamak Malalo di Tahanan Polres Padang Panjang (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Pertahankan tanah ulayat, enam pemuda Malalo Tigo Jurai Kabupaten Tanah Datar ditahan Polres Padang Panjang, Sumatera Barat.

Tokoh masyarakat Malalo, Afrizon, saat dikonfirmasi Covesia.com, Senin (1/3/2021) menyampaikan penahanan keenam pemuda Malalo itu telah dilakukan sejak awal Desember 2020 lalu dengan dasar laporan dugaan pembakaran terhadap belasan kendaraan.

"Sudah 75 hari pemuda Malalo ditahan dengan alasan itu. Namun sampai detik ini berkas kasus itu juga belum dilimpahkan ke kejaksaan dengan dalih berkas perkara belum lengkap," ungkapnya.

Ia menjelaskan atas kasus pembakaran tersebut keenam pemuda itu mengaku sama sekali tidak terlibat karena saat kejadian pada Oktober 2020 lalu pemuda Malalo hanya mempertahankan tanah ulayat yang direbut salah seorang mafia tanah.

Atas kasus itu juga, pihaknya telah melakukan upaya damai dengan pemilik kendaraan. Namun pihak kepolisian masih melakukan penahanan terhadap enam pemuda Malalo dengan kasus laporan dugaan pembakaran kendaraan itu.

"Pihak pelapor bersedia mencabut laporan namun karena ada hasutan dari pihak mafia tanah untuk mencabut juga perkara kasus tanah ulayat di nagari Malalo di pengadilan negeri untuk dilepaskan kepada mereka maka kasus itu dianggap selesai," jelasnya.

Ia menambahkan pemuda Malalo geram dengan aksi sekelompok pekerja yang melakukan pemagaran kawat berduri dan pemasangan plang di tanah ulayat masyarakat Malalo yang masih dalam proses perkara perdata di PN Padang Panjang.

Karena kegiatan pemagaran dan pemasangan plang proyek itu tidak juga berhenti maka kemarahan masyarakat Malalo terutama pemuda tidak terbendung lagi, mereka mendatangi tempat kejadian dan mengusir para pekerja.

(deb)


Berita Terkait

Baca Juga