Advertorial Sumatera Barat

Bupati dan Wakil Bupati Agam, Andri Warman-Irwan Fikri Siapkan Langkah Majukan Daerah

Bupati dan Wakil Bupati Agam Andri WarmanIrwan Fikri Siapkan Langkah Majukan Daerah Bupati Agam, Andriwarman, dan Wakil Bupati-Irwan Fikri

Covesia.com - Setelah dilantik secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Jumat (26/2/21), Bupati Agam, Andriwarman, dan Wakil Bupati-Irwan Fikri disambut meriah oleh seluruh elemen masyarakat di rumah dinas Bupati Agam.

Masyarakat dan instansi pemerintah telah mempersiapkan penyambutannya disertai penjagaan ketat dan sesuai keinginan bersama masyarakat Kabupaten Agam.

Selanjutnya, ratusan karangan bunga ucapan selamat dari berbagai pihak juga berjajaran menghiasi momen penyambutan Bupati Agam dan Wakil Bupati Agam yang baru dan dilanjutkan dengan ramah tamah di Balairung Kabupaten Agam.

Bupati Agam, Andri Warman mengajak seluruh komponen dan lapisan masyarakat bersatu membangun Kabupaten Agam. Meskipun, saat Pilkada lalu mungkin berbeda pandangan dalam berpolitik, namun setelah ini, diharapkan tidak ada lagi kelompok-kelompok berbeda pandangan.

“Kami bupati dan wakil bupati pilihan masyarakat secara keseluruhan. Biduak lalu kiambang batauik, buang perbedaan itu. Proses Pilkada sudah selesai, Agam menunggu kerjasama bupati dan seluruh elemen untuk membangun masyarakat Agam yang lebih maju,” ujar Andriwarman dalam sambutan.

Dijelaskannya, ada sejumlah program yang akan dijalankan dalam kepemimpinannya di masa mendatang, seperti meningkatkan sumber daya manusia, mengatasi pengangguran dan menata kembali perekonomian masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya Bupati Agam, Andriwarman  juga bertekad akan membuat Agam lebih maju ke depannya, salah satunya pengembangan pendidikan yang menjadi target utama.

"Bersama Irwan Fikri selaku Wakil Bupati Agam, kita bertekad akan mengembangkan tiga sektor pendidikan untuk masyarakat Agam dalam mewujudkan generasi yang berkualitas ke depannya. Adapun ketiga sektor tersebut adalah Pendidikan bidang Agama, bidang adat istiadat, dan bahasa internasional yakni bahasa inggris," katanya lagi.

Tidak terlepas dari pendidikan Andri Warman, juga bertelad majukan sektor pariwisata di daerah setempat. Tiga kawasan di Kabupaten Agam bakal dikembangkan jadi destinasi wisata unggulan. 

“Saya punya rencana program kepariwisataan di tiga titik, yaitu di Tanjung Mutiara, Candung, Matur dan Maninjau,” katanya.

Pihaknya berencana melakukan pengembangan kawasan pantai di Kecamatan Tanjung Raya. Menurutnya, Kabupaten Agam mempunyai kawasan pantai yang potensial untuk dikembangkan. 

“Kita punya pantai dengan sepanjang 30 KM, kenapa tidak ditonjolkan seperti daerah lain, seperti Gandoriah dan Pantai Air Manis,” sebutnya.

Tidak hanya itu, Andri Warman, merencanakan kawasan Matur hingga Maninjau dibangun kereta gantung. Kemudian di Candung dikembangkan wisata taman safari. 

“Kita punya potensi itu, mengapa tidak dikembangkan, meniru demi kebaikan itu tidak masalah,” ucapnya.

Ditambahkan, untuk menyukseskan rencana tersebut, pihaknya membutuhkan dukungan banyak pihak, terutama masyarakat Kabupaten Agam. 

“Ke depan, yang kita pikirkan adalah bagaimana Kabupaten Agam bisa lebih maju, untuk itu mohon dukungannya, baik pemerintahan sampai ke nagari maupun masyarakat, mari dukung program yang positif,” ujarnya.


Usai ramah-tamah digelar, Bupati Agam, Andri Warman merencanakan berkeliling Kabupaten Agam seminggu setelah dilantik. Safari kerja tersebut guna mendengarkan keluhan masyarakat.

Lebih lanjut disampaikan, hingga Agustus mendatang, Andri Warman akan berkantor selama satu hari di 82 nagari di Kabupaten Agam. 

“Saya akan berkantor satu hari di kantor-kantor nagari, selama 4 bulan sampai Agustus, untuk mendengar aspirasi dari bawah,” ucapnya.

Menurutnya, selain Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), sangat diperlukan mendengarkan keluhan-keluhan masyarakat secara langsung. Karena, masyarakat lebih senang menyampaikan aspirasi secara langsung. 

“Nanti keluhan atau aspirasi tersebut akan kita bicarakan mulai tingkat nagari, kecamatan, apa betul tentang yang disampaikan,” imbuhnya.

Dikatakannya, jika dimungkinkan aspirasi yang didapat dari masyarakat akan dituangkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). 

“Jika sudah ada Perda-nya, bupati dan jajaran tinggal menjalankannya,” ucap Andri Warman.

Ditambahkan, safari kerja menjemput keluhan dan aspirasi masyarakat Agam itu juga akan menjadi acuan dalam menyusun Program Kerja pada tahun 2022. 

“Nanti kita bicarakan lagi aspirasi itu di internal, stakeholder untuk menjadi acuan program kerja di tahun 2022,” ujarnya.

Tanggapan Berbagai Pihak

1. Ketua DPRD Agam, Novi Irwan Nahar


Ketua DPRD Agam, Novi Irwan mengucapakan selamat atas dilantiknya Bupati Agam, Andri Warman  dan Wakil Bupati Agam Irwan Fikri. Pihaknya selaku wakil rakyat siap bersama-sama membangun daerah.

"Kita siap bergandengan tangan bersama pemerintah daerah untuk memajukan kabupaten Agam kedepannya," katanya.

2. Niniak Mamak Kabupaten Agam Helmon Dt Hitam


Dalam menjalankan pemerintahan selaku Niniak Mamak H Dt Hitam berharap Bupati Dan Wakil Bupati Agam selalu satu pandangan dan satu visi-misi.

"Kita doakan Bupati dan Wakil Bupati Agam sehat selalu, satukan tekad dan tujuan dalam memajukan Daerah," ujarnya.

3. Perantau Agam Yoswandi L


Sebagai perantau Yoswandi L berharap Bupati Dan wakil Bupati Agam terpilih bisa memajukan sektor ekonomi apalagi pasca pandemi Covid-19. Selain itu ia berharap ada Pemimpin Agam yang baru juga bisa membuka lapangan pekerjaan baru.

"Kita berharap Bupati Agam bisa menekan angka pengangguran baik berupa pembukaan lapangan pekerjaan serta pembekalan keterampilan. Serta bisa membuat Generasi muda mampu bersaing dengan dunia luar," tutupnya.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga