Danau Gunung Tujuh, Destinasi Wisata Alam Menarik untuk Dikunjungi

Danau Gunung Tujuh Destinasi Wisata Alam Menarik untuk Dikunjungi ilustrasi (wikipedia)

Covesia.com - Danau Gunung Tujuh merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara. Terletak pada ketinggian 1.996 MDPL dengan luas danau sekitar 960 ha. Sesuai dengan namanya, danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung. Tentunya, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung. Terutama bagi wisatawan yang suka petualangan.

Tujuh gunung tersebut yaitu, Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang, dan Gunung Tujuh.

Jarak Kota Sungai Penuh menuju pos utama Danau Gunung Tujuh sekitar 60 km, dapat dilalui dengan kendaraan. Setelah sampai di pos, untuk dapat sampai di danau ini harus menempuh jalur pendakian yang menghabiskan waktu sekitar 4 jam.

Rafiq Nurhady (22) salah satu pengunjung mengatakan bahwa jalur pendakian untuk sampai ke danau sangat menarik dengan menyusuri hutan, pemandangan alam yang indah di sepanjang jalan, dan udara yang sejuk.

"Kondisi badan harus sehat, dan sebaiknya gunakan peralatan lengkap saat mendaki. Jangan pergi saat hujan karena jalannya akan licin, sehingga berbahaya untuk kita," ujarnya kepada Covesia.com, Sabtu (27/2/2021).

Di Danau Gunung Tujuh, berbagai aktivitas dapat dilakukan, mulai dari berkemah, berenang, menangkap ikan, maupun menikmati pemandangan danau yang indah. Pengunjung dapat naik perahu agar sampai ke tengah danau.

"Berendam di danau ini dengan air yang dingin rasanya sangat menyenangkan, hal ini tidak dapat ditemukan ditempat lain," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Alex (21) salah satu pengunjung Danau Gunung Tujuh mengatakan bahwa hari libur merupakan waktu yang pas untuk berkunjung karena bisa mendaki bersama banyak orang, dan lebih seru. 

"Udara yang sejuk, dan kondisi alam yang masih asri membuat danau ini sangat ramai dikunjungi, saya sendiri sudah beberapa kali ke danau ini," ujarnya.

Bagi wisatawan yang baru pertama kali mengunjungi Danau Gunung Tujuh dan tidak mengetahui jalur pendakian dapat menggunakan jasa pemandu wisata. Tarif relatif terjangkau tergantung dengan kebutuhan.

(mgg/Tio Erlika Putra)

Berita Terkait

Baca Juga