Dilantik Mahyeldi, Rusma Yul Anwar-Rudi Hariansyah Resmi Pimpin Pesisir Selatan

Dilantik Mahyeldi Rusma Yul AnwarRudi Hariansyah Resmi Pimpin Pesisir Selatan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar-Rudi Hariansyah. (istimewa)

Covesia.com - Rusma Yul Anwar-Rudi Hariansyah resmi menjabat Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) periode 2021-2024. Keduanya dilantik Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah di Auditorium Kantor Gubernur, pada Jumat (26/2/2021). 

Pelantikan Rusma Yul Anwar-Rudi Hariansyah oleh Gubernur sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pessel, bersamaan dengan 10 kepala daerah lainnya.

"Sementara Forkopimda, bersama kepala perangkat daerah serta undangan lainnya, menyaksikan secara virtual dari gedung Painan Covention Centre (PCC)," sebut Kabag Humas Setdakab Pessel, Rinaldi, Jumat (26/2/2021) usai menyaksikan pelantikan secara virtual. 

Dalam sambutan Gubernur menyampaikan, ucapan selamat kepada bupati dan wakil bupati yang baru saja dilantik, dan semoga amanah dalam dilaksanakan tugas demi kemajuan pembangunan di daerah masing masing.

"Dengan telah dilantiknya, 10 kepala daerah di Sumbar. Kini saatnya kita melangkah bersama untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat" katanya.

Dalam kesempatan itu Gubernur menyampaikan enam pesan kepada bupati dan wakil bupati, diantaranya, agar menjaga keharmonisan dan menjadi dwi tunggal, dalam menjalankan tugas.

"Kepada daerah dan wakil kepala daerah harus menjadi dwi tunggal dan saling melengkapi, satu sama lain," katanya.

Diketahui, sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menetapkan Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pilkada Pessel 2020.

Penetapan bupati dan wakil bupati terpilih tersebut dilakukan dalam Rapat Pleno Terbuka KPU setempat, di salah satu hotel di Painan, Jumat (19/2).

Penetapan tersebut dilakukan seiring dengan keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengugurkan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada Pesisir Selatan pada Selasa, 16 Februari 2021 lalu.

"Menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Pesisir Selatan tahun 2020 adalah sebagai berikut: nama calon bupati Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd dan nama calon wakil bupati Rudi Hariyansyah, S.Si, nomor urut 2," kata Ketua KPU Pessel Epaldi Bahar saat membacakan penetapan.

(idy)

Berita Terkait

Baca Juga