60 Warga Pariaman Siap Dijadikan Entrepreneur

60 Warga Pariaman Siap Dijadikan Entrepreneur Foto: Istimewa

Covesia.com - Sebanyak 60 orang warga Kota Pariaman, Sumatera Barat siap menjadi enrtrepreneur baru ditengah pandemi yang menghambat perekonomian global saat ini. 

Hal tersebut menjadi harapan Kepala Desa Batang Tajongkek, Kota Pariaman, Sumbar dihadapan para peserta didik yang dihelat di wilayah tersebut pada, Kamis (25/2/2021).

"Pisau tajam apabila tidak diasah tetap akan tumpul. Jadi setiap pelatihan yang didapat harus senantiasa ditingkatkan sehingga menjadi penggiat usaha yang produktif di kemudian hari," tutur Riko Herianto dalam acara penutupan Pelatihan yang bertajuk Tri in One Sulaman Timbul.

Ia memotifasi, tidak ada peluang tanpa kerja keras, untuk itu katanya, setiap kesempatan yang ada haruslah dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga mampu menjadi pundi rupiah yang mampu menopang perekonomian keluarga maupun daerah secara lebih luas.

"Tak ada yang tak mungkin, manfaatkan setiap kesempatan yang ada," ujarnya.

Diamenambahkan, pelatihan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar mampu bersaing ditengah-tengah kerasnya realitas kehidupan saat ini. SDM dikatakannya merupakan suatu keniscayaan untuk mengolah segala sumber daya yang ada di sekitar.

" Sumber Daya Alam mustahil digali jika SDM sendiri tidak dimilki," tuturnya.

Riko meyakinkan ke peserta didik bahwsanya ke depan setiap produk-produkunggulan desa akan ditampung di Galeri Desa, sehingga kerajinan yang dihasilkan dapat bernilai secara ekonomi.

Ketua Dekranasda Kota Pariaman, Lucyanel Genius yang hadir sebagai penutup acara tersebut juga berharap agar peserta didik dapat lebih meningkatkan lagi keterampilan sehingga mampu menjadi pengrajin produktif yang memiliki daya saing.

Disamping itu dia mengharapkan para pengrajin dapat menjadi pengusaha. Untuk itu pengembangan-pengembangan harus dilakukan termasuk kreasi dalam berkarya.

"Ini baru dasar. Harus ditingkatkan. Karena itu yang lebih pentig," ujar Lucy seraya mengatakan bahwa latar belakang pendidikan bukanlah penghalang dalam menciptakan sebuah kreasi dan karya.

Acara diklat Tri in One yang diikuti oleh 60 peserta digelar sejak tanggal 9 sampai dengan 25 Februari 2021 di Desa Batang Tajongkek, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman. Acara diselenggarakan oleh Balai Diklat Industri (BDI) Padang.

(adi)


Berita Terkait

Baca Juga