Berburu Sunrise di Kebun Buah Manggunan nan 'Aduhai'

Berburu Sunrise di Kebun Buah Manggunan nan Aduhai Suasana Sunrice di Kebun Buah Manggunan Bantul Yogyakarta, Senin (4/12/2017) (Foto: Utari Dwi Rahma/ Covesia)

Covesia.com - Bagaimana sih sensasi jalan-jalan pada dini hari? Sepi dan sunyi, belum ada kehidupan manusia yang bergeliat di jejalanan. Mungkin hanya sesosok atau beberapa orang saja rela meluangkan waktu tidurnya yang nyaman di empuknya tempat tidur untuk mengarungi dinginnya pagi dini hari.

Sesekali hal ini cukup menarik. Covesia mencoba melakukanya dengan memburu sunrice (matahari terbit) di Kebun Buah Manggunan Bantul Yogyakarta pada Senin (4/12/2017).

Kami memulai perjalan sekitar pukul 4.00 WIB (setelah Azhan Subuh). Dari pusat Kota Yogyakarta dibutuhkan waktu lebih kurang 1 jam untuk menuju lokasi dengan berkendara mobil. Dalam perjalanan tentu saja kami tidak akan menemui kemacetan dan hiruk pikuk kota, pasalnya geliat aktifitas warga belum dimulai.

Cukup sulit memang, rasa ngantuk ditambah dengan dingin yang menusuk tulang menemani perjalanan kami, namun seketika rasa itu akan sirna setelah menyaksikan keindahan alami kala waktu malam berganti dengan siang.

Merah merona, begitulah fajar mulai melirik dibalik awan dan hijaunya pengunungan kawasan Bantul yang berbatasan langsung dengan daerah Gunung Kidul Yogyakarta itu.

Berada di tebing yang tinggi berbatasan langsung dengan jurang dan perbukitan-perbukitan yang hijau, di Kebun Buah Mangunan tak hanya keindahan fajar yang memanjakan mata kami, namun juga hijaunya perbukitan serta lembah yang tertutup awan di cerca sinar orange matahari pagi cukup membuat kami berucap kagum.

"Bagus banget. Pemandangan gini nih yang sering dicari pendaki gunung. Namun di sini kita bisa nikmatin pemandangan ini tampa harus capek karena ke lokasi bisa sama kendaraan kan," kata Angga kepada Covesia.

Tak hanya pengunjung yang sekedar berswafoto dan menikmati indahnya karunia tuhan ini, namun para fotografer profesional pun banyak berkunjung kesini untuk menambah koleksi landscape mereka.

Kebun Buah Manggunan sendiri merupakan perkompletan kebun buah yang nantinya akan dibuat menyerupai Kebun Buah Mekar Sari, namun karena keterbatasan biaya pengelolanya koleksi buah-buahannya belum begitu lengkap. Wisatawan yaang ke lokasi ini lebih banyak berkunjung untuk menikmati alamn dibandingkan melihat koleksi buah-buahannya.

Tiket masuk untuk menuju lokasi terbilang cukup murah. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp5.000 per pengunjung.

(utr)