Sekilas Zhou Youguang, Sosok Google Doodle Hari Ini

Sekilas Zhou Youguang Sosok Google Doodle Hari Ini Zhou Youguang

Covesia.com - Google doodle hari ini memperingati hari kelahiran Zhou Youguang yang ke 112, pencipta romanisasi aksara Tionghoa yang lahir 13 Januari 1906. Zhou lebih dikenal sebagai Bapak Pinyin. Penghormatan untuk Zhou dilakukan dengan menampilkan foto Zhou dan tulisan google dengan aksara Tionghoa atau yang biasa disebut pinyin. 

Dikutip covesia.com dari Wikipedia.org, Zhou Youguang meninggal di Beijing, Jumat 14 Januari 2017 pada usia 111 tahun. Kontribusi terbesarnya untuk aksara Tionghoa adalah mempermudah aksara Tionghoa dalam tulisan latin yang semula sangat sulit dipahami. 

Sepanjang hidupnya, Zhou telah memberikan banyak hal untuk aksara dan pengentasan buta huruf di daratan China. Ia tercatat sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah Tiongkok.

Sejarah Singkat Pinyin

Pada 1955, pemerintah menempatkan Zhou sebagai kepala komite reformasi bahasa Tionghoa dalam rangka meningkatkan melek huruf. Sementara komite lainnya mengawasi tugas mempromosikan Tionghoa Mandarin sebagai bahasa nasional dan menciptakan aksara Tionghoa sederhana. 

Komite Zhou ditugaskan untuk mengembangkan suatu romanisasi untuk mewakili pengucapan aksara-aksara Tionghoa.

Zhou menghabiskan waktu sekitar 3 tahun untuk menyelesaikan tugas tersebut. Hasilnya, Pinyin menjadi romanisasi resmi pada 1958, meskipun kemudian (dan juga sekarang) hanya menjadi panduan pengucapan, bukan suatu pengganti sistem penulisan.

Zhou mendasarkan Pinyin pada beberapa sistem yang telah ada sebelumnya: fonemnya terinspirasi oleh Gwoyeu Romatzyh dari tahun 1928 dan Latinxua Sin Wenz dari tahun 1931, sementara tanda diakritik yang mewakili nada terinspirasi oleh Zhuyin.

Pada bulan April 1979, Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) di Warsawa menyelenggarakan sebuah konferensi teknologi. Berbicara atas nama Republik Rakyat Tiongkok, Zhou mengusulkan penggunaan "Sistem Hanyu Pinyin" sebagai standar internasional untuk pengejaan bahasa Tionghoa. Pada tahun 1982, skema tersebut menjadi ISO 7098 setelah pemungutan suara.

Pinyin di era modern secara luas telah menggantikan sistem romanisasi yang lebih tua seperti Wade-Giles. Pinyin merupakan sarana utama untuk sebagian besar pengetikan komputer dalam bahasa Tionghoa.

(sea)

Baca: Zhou Youguang: Siapa dan Kenapa Google Memperingatinya Hari Ini?