Tingkatkan Efesiensi Kerja, Padangpariaman Terapkan Pelayanan Berbasis Daring

Tingkatkan Efesiensi Kerja Padangpariaman Terapkan Pelayanan Berbasis Daring Ilustrasi - net

Covesia.com - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman sedang fokus mengembangkan aplikasi pelayanan berbasis dalam jaringan (daring) guna efisiensi kerja dan memaksimalkan pelayanan publik.

"Kita sudah menggunakan aplikasi elektronik berbasis daring untuk pelayanan publik mulai dari perizinan, lumbung data untuk menyajikan data berintegritas," kata Sekretaris Daerah Padangpariaman, Jonpriadi, Kamis (30/11/2017).

Selain itu, lanjutnya, ada aplikasi e-Waspada atau pengawas terpadu dan akurat berbasis elektronik untuk pendidikan, serta Padangpariaman Tangkas Gada 119 untuk kesehatan. 

Ia mengatakan, selain aplikasi elektronik, juga telah disiapkan perangkat perencanaan elektronik atau e-planning, penganggaran elektronik atau e-budgeting serta mempersiapkan sistem perizinan yang lebih komprehensif. 

"Sistem perizinan yang lebih komprehensif yaitu pemohon izin tidak perlu datang ke kantor perizinan, tapi pemohon cukup mengurusnya dan memantau perkembangannya melalui internet," jelasnya.

Seterusnya, kata dia, untuk menjalankan aplikasi masih terkendala dengan jaringan internet yang belum tersebar merata ke seluruh daerah di kabupaten Padangpariaman. 

"Ke depan akan kita benahi jaringan internet agar merata sembari mengembangkan aplikasi lainnya," katanya.

Ia berharap aplikasi yang telah ada seperti perizinan, pendidikan, informasi, dan kesehatan akan terus berjalan baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian, Hendra Aswara mengatakan melakukan sejumlah inovasi berbasis elektronik guna memberikan pelayanan publik.

"Kita telah menerapkan sistem daring untuk beberapa perizinan di antaranya bisa selesai dalam satu jam," tutupnya. 

Reporter Pariaman: Rozi Yardinal/ rdk