Pertahanan Solid kunci Swedia Lolos ke Putaran Final Piala Dunia 2018

Pertahanan Solid kunci Swedia Lolos ke Putaran Final Piala Dunia 2018 Skuad Timnas Swedia (Ist)

Covesia.com - Timnas Swedia melenggang ke putaran final Piala Dunia 2018 Rusia, setelah menyingkirkan Italia di babak playoff zona Eropa dengan meraih kemenangan agregat 1-0.

Perjuangan Swedia menuju Rusia tergolong berat, mereka menerapkan skema permainan bertahan penuh saat bertandang ke San Siro, usai unggul 1-0 di leg pertama.

Formasi tersebut ternyata sukses mengantarkan klub besutan Janne Andersson ke Rusia dengan menahan imbang Gli Azzurri tanpa gol .

"Kami tidak punya senjata lagi. Kami cuma harus diam di sana (lini pertahanan) dan berharap bisa bertahan (dari gempuran Italia). Kami tidak bisa melakukannya dengan cara lain, mereka sangat terampil," ujar pelatih Swedia Janne Andersson yang dikutip dari UEFA, Selasa (14/11/2017).

Dari statistik pertandingan, Italia tampil dominan dengan penguasaan bola 75% dan melepasakan 20 tembakan, enam di antaranya mengarah ke gawang.

Sedangkan Swedia cuma menguasai bola sebesar 25% dengan melepaskan dua tembakan ke gawang dan satu mengarah ke sasaran. Mereka bahkan tidak kelaur dari daerah pertahanan sendiri dalam meredam serangan lawan.

(dnq)