Daerah Potensi Bencana Diharapkan Miliki Asuransi dari APBN Ilustrasi- Peta seismic gap barat Sumatera-Jawa-Bali. Sumber: csem-emsc.org

Covesia.com - Sumatera Barat sebagai daerah yang rawan bencana diharapkan memiliki asuransi bencana terlebih lagi daerah-daerah yang berada di pesisir pantai Sumatera.

Wakil Gubernur Sumatera Barat menyebutkan, untuk menanggulangi dampak bencana Badan Kebijakan Fiskal Nasional Kementerian Keuangan RI Mencari format yang terbaik untuk membantu pembiayaan (finance) di bidang risiko bencana.

"Bantuan terhadap bencana ada dua tahap pertama tahap darurat dan yang ke dua bantuan pasca bencana, sekarang ini nelayan kita sudah memiliki asuransi dan untuk daerah rawan bencana asuransi tersebut bisa juga diterapkan dan ini dibiayai oleh APBN," kata Nasrul Abit, di Padang, Selasa (5/12/2017).

Selain itu, ia menjelaskan bagaimana 7 kabupaten dan kota yang berada di pesisir pantai tersebut bisa dibantu melalui asuransi sehingga jika sewaktu waktu terjadi bencana, bisa ditanggulangi oleh asuransi tersebut.

"Kami berharap kepada pemerintah dalam hal ini melalui APBN Kementerian Keuangan ada asuransi yang dapat membantu masyarakat pasca bencana, kita juga berharap bencana tidak menimpa kawasan Sumatera Barat meskipun potensi untuk itu besar," katanya.

Reporter Padang: Fadil MZ/ rdk