Waspada! Ini Penyebab Penularan Penyakit Difteri

Waspada Ini Penyebab Penularan Penyakit Difteri Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Difteri merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium Diptheriae. Penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

Kementerian Kesehatan pun sudah menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) dibeberapa wilayah terkait wabah penyakit Difteri.

Dirjen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kemenkes Muhammad Subuh menjelaskan, penyakit ini menular melalui percikan.

"Tingkat penularan penyakit ini sangat tinggi, di mana penularan bisa terjadi melalui percikan bersin dan batuk. Itu sangat menular," terang dia di Gedung Ditjen P2P Kemenkes Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Untuk mencegah penyakit ini, M Subuh menegaskan harus dilakukan ORI (Outbreak Response Imunization). Imunisasi ini dilakukan berulang sebanyak tiga kali.

Difteri adalah penyakit yang ditandai dengan panas 38 derajat Celsius, disertai adanya psedoumembram atau selaput tipis keabu-abuan pada tenggorokan yang tak mudah lepas dan mudah berdarah.

Penyakit ini disebabkan bakterium difteri dan bisa menyebabkan kematian jika tidak mendapatkan penanganan segera. Kebanyakan penyakit tersebut dialami oleh anak-anak yang belum mendapatkan vaksin difteri.

(jon/don)