6 Hal yang Dapat Dilakukan Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anda

6 Hal yang Dapat Dilakukan Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anda Pixabay

Covesia.com - Apakah anda termasuk salah satu tipe orang yang gampang gugup? Apalagi disaat berhadapan dengan banyak orang atau dengan orang yang anda kagumi? Tak perlu khawatir, banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan percaya diri sehingga anda tidak akan gugup lagi untuk berbicara di depan orang banyak. 

Berikut ini covesia rangkum dari prelo beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Mulailah keseharian anda dengan melakukan satu atau dua hal yang anda kuasai

Hal yang dapat anda lakukan saat memulai hari anda akan memberikan pengaruh besar dalam seharian. Dengan memulai hal yang positif akan memudahkan anda untuk mendpatkan rasa percaya diri lebih.

Sebelum melakukan rutinitas, lakukanlah aktivitas yang anda kuasai dengan baik. Misalnya, bagi yang hobi masak, anda dapat menyiapkan sarapan untuk keluarga. Atau yang hobi berolah raga, anda bisa hanya sekedar lari pagi. Lakukan aktivitas ini setiap hari, karena hal tersebut dapat membuat anda menjadi percaya diri sepanjang hari.

Selalu berpikir positif

Untuk meningkatkan rasa percaya diri selanjutnya yaitu kurangi rasa cemas dan pikiran negatif di pikiran. Cemas sangatlah tidak penting untuk dilakukan karena sebenarnya telah melakukan aktivitas selama ini secara baik.

Agar anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi, anda hanya harus fokus memikirkan hal yang positif. Contohnya jika besok akan menghadapi presentasi kepada dosen yang dianggap killer, janganlah cemas memikirkan hal buruk apa yang akan terjadi besok. Namun yang perlu anda siapkan adalah materi yang akan anda sampaikan agar dapat menghalau pertanyaan-pertanyaan sulit yang akan diajukan dosen.

Lakukan hal yang menurut anda menakjubkan

Sebenarnya menggali rasa percaya diri tidaklah sulit, anda hanya perlu menanam sifat positif dalam pikiran anda. Dengan meyakini bahwa anda bisa melakukan sesuatu yang sangat menakjubkan akan menjadikan anda lebih percaya diri.

Anda dapat melakukan kegiatan apapun tergantung dari bakat anda. misalnya dengan musik, bernyanyi atau apapun yang dapat membuat anda begitu berharga dan percaya diri.

Bahasa tubuh yang baik

Percaya diri bukan hanya dilihat dari niat kita untuk bisa memberikan hal yang terbaik. Namun bahasa tubuh kita dapat memperngaruhi pandangan seseorang terhadap kepercayaan diri kita. Bahasa tubuh yang anda perlihatkan terhadap lawan bicara anda yaitu harus dalam posisi tegak dan menggunakan kosakata dengan artikulasi jelas. Jika anda terlihat gelisah dan mengucapkan kata-kata tidak jelas, disinilah letak kelemahan anda dan orang lain akan menganggap anda gugup. Pada akhirnya anda akan semakin merasa tidak percaya diri.

Memperbanyak pengetahuan

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri seseorang yaitu dengan memperkaya diri akan ilmu pengetahuan. Bukan hanya ilmu disekolah yang perlu di perdalam, namun ilmu pengetahuan umum yang sering digunakan sehari-hari. dengan memperkaya ilmu pengetahuan, anda akan merasa lebih pintar dari lawan bicara anda sehingga akan membuat anda jadi lebih percaya diri.

Penampilan yang baik

Penanampilan merupakan suatu hal yang sangat perlu diperhatikan, hal ini karena penampilan merupakan hal utama yang selalu menjadi perhatian orang lain kepada diri anda. Dengan selalu menjaga penampilan, anda akan merasa lebih percaya diri. Penampilan baik bukan hanya dilihat dari tampan atau cantiknya seseorang. Namun dilihat dari seberapa pintar anda menata penampilan hingga bisa dinilai rapi oleh seseorang yang menjadi lawan bicara.

(sea)